TOPIK TERPOPULER

Antisipasi Lonjakan Penumpang, Pelabuhan Siapkan Kapal Tambahan

Muhaimin Sunusi
Antisipasi Lonjakan Penumpang, Pelabuhan Siapkan Kapal Tambahan
PENUMPANG KAPAL. Otoritas Pelabuhan Soekarno Hatta (Soetta) Makassar, menyiapkan kapal tambahan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang menjelang hari raya Idulfitri. Foto: Muhaimin/SINDOnews

MAKASSAR - Otoritas Pelabuhan Soekarno Hatta (Soetta) Makassar, menyiapkan kapal tambahan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang menjelang hari raya Idulfitri.

Humas Otoritas Pelabuhan Makassar, Maksum mengungkapkan bahwa sejauh ini pelonjakan penumpang belum terjadi. Mengingat suasana pelabuhan Soetta masih terlihat lowong atau belum sesak.

Meski demikian, pihaknya mengaku telah jauh hari mengantisipasi kelonjakan penumpang. Maksum mengungkapkan telah menyiapkan segala kebutuhan teknis terkait hal tersebut.



"Kami memang sudah bicarakan kondisi ini. Kami telah menyiapkan kapal tambahan dari PT Pelni jika sewaktu-waktu melonjak. Jenis kapalnya Jet Liner yang berkapasitas 554, dengan dispensasi 55 penumpang," ujarnya, Jumat (9/6/2018).

Jika nantinya lonjakan penumpang semakin banyak, pihaknya juga akan meminta bantuan kepada kementerian perhubungan untuk menyediakan sejumlah kapal negara. Di mana, kapasitasnya bisa mencapai sekira 1000 penumpang.

Selain itu, pihak pelabuhan juga telah menyediakan Posko Terpadu. Di mana, fungsi dibentuknya posko tersebut untuk mengetahui informasi lengkap dari arus mudik, seperti adanya jadwal kapal tambahan jika terjadi kelonjakan penumpang.

Sementara itu, Kepala Kantor Pelabuhan Utama Makassar, Rahmatullah mengimbau agar para penumpang tidak membawa barang-barang yang berbahaya. Seperti obat-obatan terlarang, serta bahan yang mudah meledak.

"Selain itu kami imbau agar penumpang sebaiknya membawa barang secukupnya saja. Agar tidak merepotkan diri sendiri. Ini kan juga demi kenyamanan pribadi selama perjalanan," pungkasnya.



(kem)