Malam-Malam Temui Warga Berkumpul, Prof Rudy Ingatkan Pakai Masker dan Jaga Jarak

Selasa, 14 Juli 2020 - 08:06 WIB
loading...
Malam-Malam Temui Warga Berkumpul, Prof Rudy Ingatkan Pakai Masker dan Jaga Jarak
Pj Walikota Makassar, Prof Rudy Djamaluddin bersama tim gugus tugas lainnya berkeliling di sejumlah resto, rumah makan, termasuk warung-warung tempat orang banyak berkumpul di Kota Makassar. Foto : Istimewa
A A A
MAKASSAR - Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Makassar terus bergerak massif menciptakan kedisiplinan menggunakan masker dan menjaga jarak ditengah masyarakat. Pj Walikota Makassar, Prof Rudy Djamaluddin bersama tim gugus tugas lainnya berkeliling di sejumlah resto, rumah makan, termasuk warung-warung tempat orang banyak berkumpul di Kota Makassar.

Seperti yang terlihat di Cafe Ombak dan Kampoeng Popsa yang terletak di jalan Ujung Pandang dan banyak dikunjungi warga saat malam hari. Secara persuasif, tim ini mendekati satu persatu para pengunjung untuk memastikan saling menjaga jarak dengan memasang satu kursi kosong yang membatasi setiap orang.“Jika makan boleh tidak menggunakan masker, tapi selesai makan pasang lagi maskernya. Tapi ingat, jaga jarak itu tetap wajib dilakukan”ujar Prof Rudy saat mendatangi salah satu meja yang di kelilingi sejumlah pengunjung di Cafe Ombak, Senin malam (13/7/2020). Baca : Rudy Pantau Langsung Penerapan Pembatasan Pergerakan Lintas Wilayah Ditempat ini, Prof Rudy juga menemui pengelola Cafe dan meminta agar disiplin menegakkan protokol kesehatan seperti yang diatur di Peraturan Walikota Makassar Nomor 36 Tahun 2020 yang sudah resmi di berlakukan.“Pengelola tempat usaha wajib menerapkan protokol kesehatan terhadap seluruh pengunjung yang datang, alat cuci tangan harus selalu disiapkan, tempat duduk mesti diatur posisi nya agar berjarak, dan pengunjung hanya boleh melepas masker saat sedang makan dan minum saja” ujar Prof Rudy didepan pengelola Cafe Ombak.Hal yang sama juga dilakukan di Kampoeng Popsa, salah satu Cafe yang juga ramai dikunjungi warga di malam hari. Satu persatu tim gugus tugas terlihat menyisir meja yang dikelilingi oleh pengunjung Cafe.Sementara itu di depan Gedung Kesenian Sulsel Societeit de Harmonie, tim gugus juga menemui sejumlah anak muda yang banyak berkumpul untuk dibagikan masker serta diminta menjaga jarak. Baca Juga : Pejabatnya Positif COVID-19, Pj Wali Kota Makassar Bakal Lakukan Tracking Selain mengingatkan tentang protokol kesehatan, tim ini juga melakukan Rapid Test secara acak kepada warga yang ditemukan tidak menggunakan masker saat berada di tempat umum. Hal ini terlihat saat tim menyisir deretan warung penjual sarabba di jalan Sungai Cerekang. Petugas dari Dinas Kesehatan Kota Makassar yang tergabung didalam Gugus Tugas ini terlihat melakukan Rapid Test secara random kepada beberapa pengunjung yang didapati tidak menggunakan masker.“Selain hukuman sosial, kita juga lakukan Rapid Test secara acak kepada warga yang tidak menggunakan masker. Langkah ini akan terus kita lakukan hingga betul-betul kedisiplinan dan kebiasaan menerapkan protokol kesehatan tertanam di benak seluruh warga kota” tegas Prof Rudy. Baca Lagi : Tak Pakai Masker di Tempat Umum, Warga Makassar Akan Dirapid Test Dalam inspeksi mendadak ini, sejumlah anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Makassar hadir, diantaranya Wakapolrestabes Makassar, A.Marsel dan Dandim 1408/BS Kolonel Kav Dwi Irbaya. Sementara itu pejabat lingkup Pemkot Makassar hadir Asisten Pemerintahan, Sabri, Kepala Dinas Kesehatan, Naisyah Tun Azikin, Kepala Dinas Perhubungan, Mario Said, Kepala Kalakhar BPBD Makassar Dr Rusli, serta pejabat lainnya.
(sri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1485 seconds (0.1#10.140)