Coklit Data Pemilih, KPU Toraja Utara Lengkapi PPDP dengan APD

Selasa, 14 Juli 2020 - 18:25 WIB
loading...
Coklit Data Pemilih, KPU Toraja Utara Lengkapi PPDP dengan APD
Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) akan bertugas mendatangi rumah-rumah warga dilengkapi dengan APD. Foto/dok SINDOnews
A A A
RANTEPAO - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Toraja Utara siap melakukan pencocokan dan penelitian alias coklit daftar pemilih pada Pilkada Serentak 2020 . "Petugas Pemutakhiran Data Pemilih atau PPDP akan melakukan coklit secara dor to dor atau dari rumah ke rumah mulai 15 Juli hingga 13 Agustus 2020," ujar Komisioner KPU Toraja Utara Bidang Divisi Perencanaan, Data dan Informasi, Simeon Sarira, Selasa (14/7/2020).

Dia menjelaskan dokumen yang harus dipersiapkan warga jika dikunjungi PPDP saat melakukan coklit, di antaranya yakni kartu keluarga (KK), Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP) atau surat keterangan (suket E-KTP) serta menjawab semua pertanyaan PPDP dengan jujur.

Dalam melakukan coklit ke rumah warga, kata Simeon, KPU melengkapi semua petugas PPDP dengan Alat Pelindung Diri (APD) seperti pelindung wajah. PPDP juga dilengkapi identitas diri, ban lengan dan rompi.



“Kami berharap agar warga Toraja Utara berpartisipasi demi semakin baiknya Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk pemilihan serentak bupati dan wakil bupati Toraja Utara bulan Desember mendatang,” harapnya.

Dia mengatakan jumlah pemilih kabupaten Toraja Utara berdasarkan data model A.KWK (Formulir daftar data pemilih) yang masuk ke dalam aplikasi Sistem Daftar Pemilih (Sidalih) sebanyak 176.474 jiwa. Terdiri dari pemilih laki-laki 88.903 jiwa dan perempuan 87.571 jiwa.

"Data tersebut mengacu kepada Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) Kabupaten Toraja Utara dalam Pilkada serentak tahun 2020 yang ditetapkan Kementerian Dalam Negeri," ujarnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Toraja Utara Yosia Rinto Kadang, mengajak masyarakat turut serta mensukseskan gerakan coklit di wilayahnya dengan cara memastikan terdaftar sebagai pemilih kepada petugas coklit yang akan turun.



”Dalam pemutakhiran data dan daftar pemilih, kami minta kepada seluruh aparat Pemkab Toraja Utara mulai dari OPD sampai Kepala Lembang untuk mendukung seluruh rangkaian tahapan pelaksanaan pilkada di Kabupaten Toraja Utara. Mereka dapat membantu KPU dengan gencar melakukan sosialisasi kepada masyarakat,” ucap Rinto

Dengan dukungan semua pihak, lanjut Rinto, akan mampu menghasilkan Pilkada Toraja Utara yang berkualitas, dengan partisipasi pemilih yang diharapkan KPU.

”Tentu dalam setiap tahapan pilkada harus mengutamakan protokol kesehatan pencegahan COVID-19. Kami meminta masyarakat untuk tidak ragu menerima petugas, karena akan menjalankan tugas sesuai protokol kesehatan," tutupnya.
(tri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2499 seconds (0.1#10.140)