Bencana Kebakaran Hanguskan 8 Rumah di Kabupaten Maros

Rabu, 15 Juli 2020 - 15:54 WIB
loading...
Bencana Kebakaran Hanguskan 8 Rumah di Kabupaten Maros
Rumah panggung di Jalan Taufik Kecamatan Turikale hangus terbakar pada bencana kebakaran pada Rabu, (15/07/2020). Foto: Sindonews/Najmi Limonu
A A A
MAROS - Delapan rumah yang terdiri dari rumah panggung dan rumah permanen yang berada di Jalan Taufik, Kecamatan Turikale terbakar pada bencana kebakaran yang terjadipada Rabu, (15/07/2020).

Berdasarkan keterangan warga, api bermula dari tengah rumah warga yang semi permanen.

Kepala Bidang Pemadam Kebakaran, Satpol PP Kabupaten Maros, Lotang mengatakan, berdasarkan informasi yang dihimpun, kejadian tersebut diduga karena arus pendek listrik. Hal itu diperkuat dengan api pertama kali terlihat di atas rumah warga.



"Kami tidak bisa memastikan secara pasti penyebab utama kebakaran ini. Namun kuat dugaan akibat arus pendek listrik. Karena api pertama kali muncul di atap rumah. Apinya pun langsung besar di bagian atas rumah," ujarnya kepada wartawan saat ditemui.

Untuk memadamkan api, armada pemadam kebakaran yang dikerahkan sebanyak enam unit mobil. Dua mobil penambak air, dan empat mobil penyuplai air. Karena api telah membesar maka pemadam kebakaran membutuhkan 8 kali bolak-balik untuk mengisi tangki air.

Kencangnya hembusan angin di lokasi kebakaran kata Lotang, membuat timnya kesulitan memadamkan api. Bahkan api sempat menjalar ke beberapa rumah warga di sekitar lokasi kebakaran.

"Kami membutuhkan waktu sekitar 2 jam untuk memadamkan api sampai proses pendinginan. Kami cukup kesulitan karena angin cukup kencang, dan warga berkerumun di jalan. Sehingga mobil pemadam sempat tertahan saat hendak memasuki lokasi," jelasnya

Api yang terus membesar akhirnya menjalar ke 7 rumah lainnya, sehingga mengakibatkan 4 rumah rusak berat, dan 4 lainnya rusak ringan.

"Ada 8 unit rumah yang terkena dampak dari kebakaran ini. Empat rumah mengalami rusak berat, dan empat lainnya rusak ringan," ucapnya
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2600 seconds (0.1#10.140)