Selain Salurkan Bantuan, Bupati Luwu Cek Titik Longsor di Tibussan Latimojong

Rabu, 15 Juli 2020 - 17:33 WIB
loading...
Selain Salurkan Bantuan, Bupati Luwu Cek Titik Longsor di Tibussan Latimojong
Bupati Luwu Basmin Mattayang menyalurkan bantuan sembako untuk warga korban longsor di Desa Tibussan, Kecamatan Latimojong. Foto/SINDOnews/Chaeruddin
A A A
BELOPA - Bupati Luwu, Basmin Mattayang, menyerahkan bantuan bagi warga korban longsor di Desa Tibussan, Kecamatan Latimojong. Bantuan sembako itu, di antaranya beras, minyak goreng dan mi instan. Selain kepada korban longsor, Bupati Basmin juga menyerahkan bantuan kepada masyarakat berpenghasilan rendah di wilayah tersebut.

Bupati Basmin menyampaikan kunjungannya ke wilayah Latimojong merupakan bentuk kepedulian pemerintah terhadap warga yang mengalami musibah. Selain itu, ia juga ingin mengecek langsung lokasi titik longsor di Desa Tibussan, untuk selanjutnya dilakukan penanganan.

Di hadapan warga Latimojong, Bupati Basmin menjanjikan perbaikan area gunung yang longsor. "Terima kasih atas sambutan hangat keluargaku di Latimojong, selain untuk menyerahkan bantuan kami hadir di sini untuk melihat langsung dampak longsor di Desa Tibussan," ujarnya, Rabu (15/7/2020).

Baca Juga: Penanganan Tanah Longsor di Luwu Tanpa Bantuan Pemerintah

"Dengan melihat langsung kondisi di sini tentu kami akan lebih mudah melakukan perencanaan penanganan dalam waktu dekat. Saya sudah sampaikan Kadis PUPR untuk melakukan penanganan dalam waktu singkat," sambung dia.

Pada kesempatan itu, ia juga berpesan agar warga meningkatkan kewaspadaan. Terlebih di tengah cuaca ekstrem, dimana banyak daerah di Luwu Raya yang dilanda bencana, seperti banjir bandang di Kabupaten Luwu Utara.

Bupati Basmin meminta agar warga yang tinggal di sekitar pegunungan agar ikut menjaga hutan di wilayah Kabupaten Luwu.

"Saya yakin keluargaku yang bermukim di wilayah pegunungan telah baik dalam memanfaatkan hutan. Pemerintah tengah memikirkan penanganan banjir dan longsor yang kerap terjadi di Kabupaten Luwu. Saya berharap kita semua ikut membantu dengan menjaga hutan kita tetap lestari," serunya.

Kepala Desa Tibussang, Sudirman, mengapresiasi langkah cepat yang dilakukan oleh Bupati Luwu, baik dalam hal penanganan korban maupun penanganan terhadap lokasi banjir.



"Saya yakin untuk menjangkau wilayah kami Bapak Bupati butuh tenaga ekstra terlebih dengan cuaca buruk saat ini. Kami sangat berterima kasih dan mengapresiasi langkah cepat pimpinan kami di tingkat Kabupaten Luwu," ujarnya.

Untuk diketahui, dalam sebulan terakhir Kabupaten Luwu dilanda sejumlah bencana. Banjir terjadi di beberapa kali di sejumlah kecamatan dan menggenangi rumah warga, kantor pemerintah, sekolah dan rumah ibadah.

Selain banjir, longsor juga menerja Desa Tibussang, Kecamatan Latimojong, beberapa waktu lalu. Dilaporkan dua unit jembatan rusak dan sejumlah pembangkit listrik buatan warga juga ikut rusak.
(tri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0966 seconds (0.1#10.140)