Banjir Bandang Susulan Bisa Terjadi Luwu Utara, Masyarakat Harus Waspada

Kamis, 16 Juli 2020 - 06:24 WIB
loading...
Banjir Bandang Susulan Bisa Terjadi Luwu Utara, Masyarakat Harus Waspada
Banjir bandang yang melanda wilayah Masamba, Luwu Utara. Foto : SINDOnews/Muchtamir Zaide
A A A
MAKASSAR - Upaya pencarian dan evakuasi korban terdampak banjir bandang di enam kecamatan Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan, terus dilakukan. Potensi terjadinya banjir susulan masih perlu diwaspadai. Baca : Alih Fungsi Lahan yang Tidak Terkontrol Pemicu Banjir Bandang

Dari data sementara yang dihimpun hingga pukul 14.00 WITA kemarin dilaporkan ada penambahan korban meninggal dunia menjadi 19 orang. Total sebanyak 1.565 orang menjadi korban terdampak banjir bandang di Luwu Utara, dimana 1.542 dinyatakan selamat, dan empat dalam pencarian.

Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulsel, Endro Yudo Waryono mengatakan, penyelamatan korban terdampak tetap menjadi prioritas utama. Kendala akses ke lokasi terdampak menjadi hambatan.

Pasalnya lumpur dan material bangunan yang terbawa banjir menutupi akses jalan dan pemukiman warga. Alat berat dan petugas terus dikerahkan untuk membersihkan puing-puing bekas banjir di tiap lokasi.

"Prioritas pertama tentu penyelamatan korban, evakuasi, kemudian assesment. Sambil jalan juga membuka akses jalan. Karena memang itu menjadi kendala utama untuk berakses. Siapapun kita mau bawa bantuan, mau evakuasi, itu terhambat dengan lumpur dan material bangunan yang terbawa banjir," sebut Endro kepada SINDOnews, kemarin.

Dia melanjutkan, secara bertahap pemulihan dampak pasca banjir dilakukan. Jaringan listrik dan telekomunikasi yang sempat mengalami gangguan, berangsur-angsur diperbaiki.

Endro menyebut, banjir bandang di Luwi Utara berdampak pada kurang lebih 4.200 kepala keluarga. Sekitar 15.000 jiwa lebih terpaksa harus mengungsi. Ada 46 warga yang dilaporkan hilang. Baca Juga : Sudah 15 Orang Meninggal Akibat Banjir Bandang di Masamba

"Korban meninggal ter-update sampai hari ini (kemarin) 19 meninggal dunia. Kemudian laporan-laporan dari keluarga itu ada 46 orang ini dalam pencarian. Hari ketiga ini kita masih lakukan evakuasi-evakuasi dan pencarian," urai dia.

Meski begitu, Endro belum mau berspekulasi soal taksiran kerugian atas bencana banjir bandang ini. Proses assesment oleh petugas masih sementara berlangsung di tiap tempat terdampak.

"Itu masih harus banyak melakukan assesment yang lebih detail ke tempat-tempat publik, masjid, kantor dan sebagainya. Tapi yang pokok adalah prioritas keselamatan jiwa. Yang kedua, buka akses jalan supaya bisa dilalui. Barulah ketiga pembersihan hunian supaya warga tidak berlama-lama di pengungsian," paparnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.9974 seconds (0.1#10.140)