Taiwan Latihan Perang Saat Ketegangan di Laut China Selatan Meningkat

Kamis, 16 Juli 2020 - 12:04 WIB
loading...
Taiwan Latihan Perang Saat Ketegangan di Laut China Selatan Meningkat
Militer Taiwan melakukan latihan perang di tengah meningkatnya ketegangan di laut China Selatan. Foto: Tyrone Siu/Reuters
A A A
TAIPE - Tentara Taiwan melakukan latihan perang tembak langsung di pusat kota Taichung pada hari Kamis, (16/07/2020) sebagai bagian dari latihan militer besar-besaran dengan latar belakang meningkatnya ketegangan dengan China di selat dan di Laut China Selatan.

Presiden Taiwan Tsai Ing-wen diharapkan menyaksikan latihan itu, yang didasarkan pada skenario invasi oleh militer Tiongkok. Latihan pertandingan perang lima hari akan berakhir pada hari Jumat.



Latihan militer tahunan Han Kuang ditunda dari awal tahun ini karena pandemi coronavirus. Sejak itu, Taiwan telah berhasil menahan penyebaran penyakit ini dan menyatakan bahwa pulau itu bebas dari virus.

Pada hari Rabu, sebuah torpedo langsung ditembakkan dari kapal selam Angkatan Laut Taiwan, pertama kali dalam 13 tahun senjata tersebut digunakan selama latihan tahunan.

Central News Agency (CNA) yang didukung pemerintah Taiwan melaporkan bahwa torpedo permukaan "kelas berat" dan target bawah laut ditembakkan dari kapal selam listrik dan mengenai sasarannya.

Terakhir kali kapal selam Angkatan Laut Taiwan menembakkan torpedo hidup selama latihan militer tahunan adalah pada tahun 2007.

Latihan tahunan, yang melibatkan semua cabang militer dan pasukan cadangan Taiwan, telah diadakan sejak awal 1980-an untuk menguji kesiapan tempur Taiwan jika terjadi serangan oleh China.

Selama latihan pada hari Rabu, militer melaporkan bahwa dua kapal pengintai Tiongkok terlihat di lepas pantai timur Taiwan, menurut CNA.

Laporan itu mengatakan bahwa kapal perang Angkatan Laut Taiwan segera dikirim "untuk memantau dan mencegah" dua kapal, yang "akhirnya berlayar pergi".
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.8972 seconds (0.1#10.140)