Ini 3 Langkah Awal Pemerintah Tangani Banjir Bandang di Lutra

Kamis, 16 Juli 2020 - 19:53 WIB
loading...
Ini 3 Langkah Awal Pemerintah Tangani Banjir Bandang di Lutra
Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah bersama Bupati Lutra Indah Putri dan Menteri PUPR Basoeki Hadimoeljono membahas upaya penanganan bencana di Masamba. Foto/Istimewa
A A A
MASAMBA - Gubernur Sulsel , Nurdin Abdullah, menyampaikan rasa prihatinnya atas peristiwa banjir bandang di Kabupaten Luwu Utara (Lutra). Pemerintah, lanjut dia, bergerak cepat dan sudah mengambil tiga langkah awal untuk penanganan bencana ini.

"Tentu kita prihatin dengan kejadian ini. Saya meyakini Ibu Bupati sangat terpukul dengan kejadian ini. Tapi kami sudah menyampaikan langkah awal kita adalah mencari keluarga yang belum ditemukan, itu dulu," kata Gubernur Nurdin, Kamis (16/7/2020).



Langkah kedua, Gubernur Nurdin menyebut pihaknya memastikan logistik tersedia, contohnya air bersih. Langkah ketiga yang tidak kalah penting yakni upaya pemulihan meliputi jaringan listrik dan jaringan komunikasi.

"Jaringan (komunikasi) supaya kita dapat berkumpul dengan keluarga. Bagaimanapun, jaringan sangat penting, karena dari mana-mana keluarga pasti khawatir. Mau menghubungi keluarganya," sebut Gubernur Nurdin.

Selain itu, Pemerintah Provinsi Sulsel dan Kabupaten Luwu Utara menginisiasi untuk menyiapkan tempat tinggal sementara bagi warga yang kehilangan tempat tinggal akibat banjir.



Lanjutnya, bersama Kapolda, Pangdam dan Kajati, ia datang untuk memberikan support kepada Bupati Lutra. Dengan begitu, bupati dapat berkonsentrasi menyelamatkan warga dan menyelesaikan kondisi ini dengan cepat.

"Dan Bapak Presiden juga sudah menyampaikan rasa prihatinnya dengan kondisi ini. Dan beliau langsung memerintahkan Panglima TNI, terus Menteri PUPR, Kepala BNPB untuk betul-betul bersatu datang ke Luwu Utara untuk menyelesaikan berbagai hal," tandasnya.
(tri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1355 seconds (0.1#10.140)