Organisasi Muslim Afsel Dukung Pembangunan Replika Balla Lompoa di Cape Town

Jum'at, 17 Juli 2020 - 16:45 WIB
loading...
Organisasi Muslim Afsel Dukung Pembangunan Replika Balla Lompoa di Cape Town
Istana Balla Lompo yang merupakan rumah adat sekaligus museum akan dibuat replikanya di Cape Town, Afrika Selatan. Foto/Istimewa
A A A
SUNGGUMINASA - Rencana Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa membangun replika Rumah Adat Balla Lompoa di Cape Town, Afrika Selatan (Afsel) mendapat dukungan dari berbagai pihak. Salah satunya dari organisasi muslim di negara tersebut.

Acting Chairman of Abdul Wahab Trust, Ebrahim Peters, menyampaikan pembangunan replika Balla Lompo di ibu kota Afsel tentunya akan disambut baik oleh masyarakat setempat.

Dalam video telekonferensi bersama Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan dan KJRI Cape Town di Afsel, Ebrahim juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih karena sudah dilibatkan dalam rencana pembangunan replika Balla Lompoa.



"Kami berkomitmen untuk berperan dalam keberlanjutannya dan ini merupakan peluang yang dapat ditawarkan untuk pengembangan budaya, sejarah, ekonomi, dan sosial," katanya, Jumat (17/7/2020)

Sementara itu, Bupati Adnan mengatakan pembangunan replika Balla Lompoa merupakan tindaklanjut dari rencana pembangunan Rumah Indonesia yang dicanangkan pada masa Pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Selain itu juga menjadi impian Pemkab Gowa untuk bisa memberikan tanda mata kepada Pemerintah Afsel, khususnya dalam membangun tali persaudaraan yang kuat antara Kabupaten Gowa dan Cape Town.

Baca Juga: Maudu Adaka ri Gowa Digelar di Istana Balla Lompoa

Olehnya, seluruh anggaran yang akan digunakan untuk pembangunan Balla Lompoa di Cape Town ini akan ditanggung oleh pemerintah daerah, termasuk untuk biaya pemeliharaannya.

"Kami juga ingin sampaikan bahwa pembangunan rumah adat Balla Lompoa Insya Allah pemeliharaannya hemat atau pemeliharaannya lebih murah dibandingkan perawatan-perawatan yang lain. Karena ini memakai kayu kelas satu yang sudah diakui oleh dunia bahkan kayu tersebut juga dipakai di Masjidil Aqsa," jelas Adnan.

Ia menambahkan kehadiran replika Balla Lompoa di Afsel nantinya akan dijadikan sebagai perpustakaan Syekh Yusuf. Jadi siapapun yang ingin mengetahui sejarah Tuanta Salamaka bisa mengunjungi makam dan museum Balla Lompoa di Kampung Makassar di Cape Town.
(tri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1377 seconds (0.1#10.140)