alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Angka Partisipasi Menurun, Pj Gubernur Beberkan Dua Penyebab

Syachrul Arsyad
Angka Partisipasi Menurun, Pj Gubernur Beberkan Dua Penyebab
Pejabat Gubernur Sulsel Soni Sumarsono saat melakukan prescon terkait penyelenggaraan Pilkada si Sulsel. Foto: Istimewa

MAKASSAR - Berdasarkan rilis terakhir KPU Sulsel pukul 10.30 WITA, 28 Juni 2018, persentase pemilih di Sulsel mencapai 71,41% dari total suara sementara 2.489.880.

Namun, Penjabat Gubernur Sulsel, Soni Sumarsono menilai angka partisipasi pemilih pada pilkada serentak di wilayah Sulsel masih rendah.

Setidaknya, Sumarsono membeberkan dua penyebab menurunnya angka partisipasi pemilih. Di mana secara umum juga terjadi di semua wilayah di Indonesia.



"Petama, angka partisipasi menurun karena hari libur dan banyak beralasan ada acara keluarga," beber Sumarsono dalam konferensi pers di kantor Gubernur Sulsel, Kamis (28/6/2018).

Padahal, kata dia, KPU sudah gencar melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Kendati libur nasional, setidaknya meluangkan waktu di pagi hari untuk mencoblos sebelum melanjutkan aktivitas keluarga. "Tapi nyatanya banyak yang pergi," keluh dia.

Penyebab kedua, sambung Sumarsono karena banyak nama yang dobel di TPS. Ada formulis C6 yang dibagikan, tetapi tidak tidak datang karena berbagai alasan.

"Alasannya sudah pindah tempat tinggal dan sebagainya. Pada dasarnya ini soal akurasi data saja," pungkas dia.



(agn)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook