TOPIK TERPOPULER

Ganti Rugi Pembebasan Lahan Bendungan Pamukkulu Segera Dibayarkan

Herni Amir
Ganti Rugi Pembebasan Lahan Bendungan Pamukkulu Segera Dibayarkan
Wabup Takalar Achmad Dg Sere saat meninjau progres proyek Bendungan Pamukkulu pada awal Juli lalu. Foto/SINDOnews/Herni Amir

TAKALAR - Ganti rugi pembebasan lahan milik masyarakat untuk pembangunan Bendungan Pamukkulu, Kabupaten Takalar, Sulsel, segera dibayarkan. Hal itu diungkapkan oleh Wakil Bupati Takalar, Achmad Daeng Se're.

Ia menyebut sudah ada titik terang terkait ganti rugi pembebasan lahan proyek nasional tersebut. Menyusul disetujuinya pembayaran ganti rugi lahan oleh Direktorat Jenderal SDM Kementerian PUPR.



"Dari 37 bidang tanah yang dimohonkan pada tahap pertama, 33 bidang tanah dinyatakan sudah disetujui (untuk pembayaran pembebasan lahan)," ungkap Achmad, Jumat (17/7/2020)

Baca Juga: Wabup Takalar Minta Pembayaran Lahan Pamukkulu Dipercepat

Menurut dia, puluhan bidang tanah tersebut dinilai sudah memenuhi persyaratan pembayaran ganti kerugian pengadaan tanah. Rencananya, pembayaran akan dilakukan Jumat (24/7/2020), dimana nilainya mencapai Rp4 miliar.

Achmad menyampaikan perkembangan positif atas proyek Bendungan Pamukkulu merupakan hasil kerja sama berbagai pihak. Ia berterima kasih kepada Wagub Sulsel Andi Sudirman Sulaiman dan jajaran Forkopimda Takalar yang terus mengawal pembangunan proyek ini.

Sementara itu, Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Takalar, Muhammad Naim, mengatakan empat bidang tanah lainnya belum disetujui karena berkas administrasi dinilai belum lengkap.



Naim mengatakan empat bidang tanah itu akan diusulkan kembali dengan melampirkan dokumen administrasi secara lengkap. "Jadi bukan tidak setujui, tapi masih ada perlu dilengkapi. Insya Allah segera kita usulkan kembali," katanya

Proyek nasional tersebut sempat terhenti hampir dua tahun. Kontrak proyek ini tahun 2018 lalu, tapi akhir tahun 2019 baru kembali efektif dikerjakan. Proyek ini sempat terhenti dikarenakan masalah lahan.

Baca Juga: Realisasi Pembangunan Bendungan Pamukkulu Ditarget Capai 40% Tahun Ini

Bendungan Pamukkulu tersebut terletak di Dusun Buttadidia, Desa Kale' Komara, Kecamatan Polongbangkeng Utara, Kabupaten Takalar, Sulsel.

Warga Desa Kaleko'mara mengharapkan kepastian pembayaran lahan mereka yang terdampak pembangunan Bendungan Pamukkulu.

Bendungan Pamukkulu ini merupakan salah satu Program Strategis Nasional (PSN) Kementerian PUPR. Pembangunan bendungan ini digagas untuk mengairi hampir semua wilayah persawahan di Kabupaten Takalar.

Ditjen Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menjamin anggaran pembangunan Bendungan Pammukkulu. Untuk merampungkan bendungan, Kementerian PUPR mengalokasikan anggaran mencapai Rp1,7 triliun.



(tri)

preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!