Bupati Tegaskan Pembersihan Kota Masamba Dilakukan Secepatnya

Jum'at, 17 Juli 2020 - 23:58 WIB
loading...
Bupati Tegaskan Pembersihan Kota Masamba Dilakukan Secepatnya
Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani (kiri) saat mendampingi Menteri Sosial, Juliari P Batubara saat memberikan keterangan kepada awak media, Jumat (17/7/2020). Foto: Humas Pemkab Luwu Utara
A A A
LUWU UTARA - Bupati Kabupaten Luwu Utara , Indah Putri Indriani (IDP) menegaskan. pembersihan di dalam kota Masamba, serta beberapa titik yang terkena dampak banjir bandang akan dilakukan dalam waktu yang tidak terlalu lama.

“Insyaallah, untuk pembersihan kota, akan kita laksanakan dalam waktu yang tidak terlalu lama. Doakan semoga 1 - 2 minggu sudah bisa kita laksanakan,” kata Indah di hadapan Menteri Sosial, Juliari Batubara dan Kepala BNPB Doni Monardo, Jumat (17/7/2020), di ruang Command Center kantor bupati.



Saat ini, fokus pemerintah daerah adalah evakuasi para korban, baik yang meninggal maupun yang masih dalam proses pencarian.

“Sampai hari ini, ada 32 orang meninggal dunia, 68 yang dilaporkan hilang, dan 3.946 korban mengungsi, dan lebih 14 ribu jiwa terdampak yang tersebar di enam kecamatan,” sebutnya seperti dalam siaran pers yang diterima SINDOnews.

Tak hanya itu, ia juga melaporkan, saat ini pihaknya tengah melakukan pembukaan akses jalan nasional, dan beberapa akses jalan di wilayah terisolir yang terputus akibat dampak banjir bandang.

“Ada satu jembatan terputus di Masamba, termasuk tiga jembatan lainnya yang menghubungkan lima desa,” sebut dia lagi.

Sementara untuk penyaluran bantuan logistik, juga telah dilakukan dengan baik dan lancar kepada seluruh korban yang terdampak.

“Bantuan sudah disalurkan dengan baik, bahkan ada yang menggunakan motor, dengan melalui jalur alternatif lainnya karena sulitnya medan,” ungkap dia.



Dalam kesempatan itu, Indah juga membeberkan beberapa langkah penanganan yang akan dilakukan bersama Kementerian PUPR.

“Untuk penanganan infrastruktur, kita fokus dulu pada pembersihannya, kemudian pembuatan tanggul di sepanjang bantaran sungai, baru kemudian normalisasi sungai,” tandasnya.

Selain Menteri Sosial, Juliari Batubara dan Kepala BNPB Doni Monardo, turut pula hadir Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah, dua anggota DPR RI masing-masing Muhammad Fauzi dan Sarce Bandaso, Bupati Luwu Basmin Mattayang, serta Kepala Pelaksana BPBD Luwu Utara Muslim Muhtar.
(luq)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1402 seconds (0.1#10.140)