alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Hasil Hitung Cepat Pilkada Tak Jauh Beda dengan Real Count KPU

Rico Afrido Simanjuntak
Hasil Hitung Cepat Pilkada Tak Jauh Beda dengan Real Count KPU
Ilustrasi/SINDOnews

JAKARTA - Semua kandida di pilkada serentak kali ini, masih sementara menunggu real count dari KPU masing-masing. Namun hasil quick count dinilai tidak pemilihan jauh berbeda dari hasil sesungguhnya.

Itu dikarenakan hitung cepat (quick count) merupakan kegiatan ilmiah. Secara ilmiah, quick count bisa dipertanggungjawabkan dan hasilnya pun tidak berbeda jauh dengan real count Komisi Pemilihan Umum (KPU).

"Iya betul (hasil quick count tidak berbeda jauh dengan real count). Quick count margin of error-nya 1%," kata Peneliti Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA, Adrian Sopa kepada SINDOnews, Jumat (29/6/2018).



LSI Denny JA merupakan salah satu lembaga survei yang ikut melakukan quick count Pilkada serentak 2018 di beberapa daerah. Ia pun mempersilakan pihak manapun untuk membandingkan hasil real count KPU dengan quick count LSI Denny JA.

"Kita tunggu hasil resmi yang dirilis KPU. Kita bandingkan hasilnya," ujarnya.

Hal senada dikatakan oleh Peneliti LSI Denny JA lainnya, Rully Akbar. "Kita ada margin of error +/- 1%. Jadi setiap data yang ditampilkan ada kemungkinan naik paling maksimal 1% dan turun maksimal 1%," kata Rully dihubungi terpisah.

Pengamat politik POINT Indonesia, Arif Nurul Imam juga menyampaikan hal senada. "Kalau lihat dari pengalaman selama ini, biasanya enggak berbeda jauh dengan real count, paling selisih tipis margin error," kata Arif.

Ia juga menanggapi pihak yang tidak begitu percaya dengan hasil quick count. "Ada yang enggak percaya itu karena kandidatnya kalah," paparnya.



(agn)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook