alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Dua TPS di Kabupaten Pinrang Gelar Pemungutan Suara Ulang

Darwiaty Dalle
Dua TPS di Kabupaten Pinrang Gelar Pemungutan Suara Ulang
Pemungutan Suara Ulang yang digelar KPU Kabupaten Pinrang di Pasar Kariango, Duampanua hari ini. PSU juga digelar di Desa Binanga Karaeng, Kecamatan Lembang atas temuan dan rekomendasi Panwaslu Pinrang. Foto : Darwiaty Dalle/SINDOnews

PINRANG - Pemungutan Ulang Suara (PSU) berlangsung di dua Tempat Pemungutan Suara (TPS) yakni TPS 01 Kelurahan Pekkabata, Kecamatan Duampanua dan TPS 04 Desa Binanga Karaeng, Kecamatan Lembang, Kabupaten Pinrang, Minggu (01/07/2018).

Ketua KPU Pinrang Mansyur Hendrik mengatakan, PSU yang digelar itu berdasarkan temuan dan rekomendasi yang dikeluarkan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) menyusul ditemukannya sejumlah surat suara yang telah dicoblos namun belum ditandatangani oleh Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) setempat.

"Itulah yang kemudian menjadi dasar Panwaslu menerbitkan rekomendasi agar KPU melakukan pemilihan ulang," ungkap Mansyur kepada SINDOnews.



Smentara itu, Ketua Panwaslu Pinrang Ruslan Wadu menuturkan, berdasarkan temuan Panwas Kecamatan kasus yang terjadi di TPS 01 Pekkabata, ditemukan pada malam pencoblosan, Rabu (27/6/2018) lalu. "Temuan saat kotak suara dibuka. Setelah penghitungan, ternyata ada surat suara yang tidak ditandatangani oleh petugas yang mengakibatkan pembatalan," jelasnya.

Sementara PSU yang juga akan di lakukan pada TPS 04 Desa Binanga Karaeng, Lembang, adalah rekomendasi Panwas Kecamatan setelah ditemukan adanya petugas KPPS membuka kotak suara sebelum dimulainya proses pencoblosan. "Terkait potensi pidana pada kasus yang terjadi di TPS 04 Binanga Karaeng, akan kita kaji selanjutnya. Karena saat ini kami fokus pada pelaksanaan PSU," ujarnya.

Ruslan menambahkan, rekomendasi pelaksanaan PSU diterbitkan berdasarkan pasal 60 PKPU nomor 88, dimana terlebih dahulu telah dilakukan pengkajian terkait apakah memenuhi unsur untuk dilakukan PSU atau tidak. "Dan dari hasil kajian itu, kedua titik TPS tersebut memang telah memenuhi unsur untuk dilakukan pemungutan ulang.



(sss)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook