Rekomendasi Tim Audit: Bangunan Stadion Mattoanging Harus Dibongkar Total

Rabu, 29 April 2020 - 06:05 WIB
loading...
Rekomendasi Tim Audit: Bangunan Stadion Mattoanging Harus Dibongkar Total
Tim audit merekomendasikan agar seluruh bangunan di kawasan Stadion Andi Mattalatta Mattoanging mesti dibongkar total. Foto : SINDOnews/Doc
A A A
MAKASSAR - Proses audit fisik atas Stadion Andi Mattalatta Mattoanging sudah rampung. Hasilnya, tim audit merekomendasikan agar seluruh bangunan di kawasan stadion harus dibongkar total.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sulsel, Andi Arwin Azis mengatakan, rekomendasi ini mempertimbangkan struktur bangunan sudah tidak kuat lagi. Makanya konstruksi bangunan yang ada saat inipun, tidak bisa dipertahankan

"Hasilnya merekomendasikan untuk konstruksi secara keseluruhan tidak memungkinkan untuk digunakan. Jadi tidak bisa dipertahankan. Semua harus dibongkar," tutur Arwin yang dikonfirmasi SINDOnews, kemarin.

Diketahui, audit forensik atas struktur bangunan stadion ini dilakukan oleh tim dari Universitas Hasanuddin (Unhas). Kegiatan pemeriksaan konstruksi di kawasan stadion sudah berlangsung sejak bulan Maret lalu, dan sesuai kontrak kerja berakhir 22 April 2020.

"Secara keseluruhan hasil audit forensik konstruksi itu, struktur bangunan tidak dapat dipertahankan karena telah mengalami degradadasi akibat umur bangunan, karbonasi, dan korosi," ucap Arwin.

Apalagi lanjut dia, umur bangunan memang sudah tua. Sejak pertama kali diresmikan tahun 1957 untuk dipakai penyelenggaraan PON ke-IV dan belum pernah dilakukan rehabilitasi berat sebelumnya. "Jadi bisa usia bangunan disana sudah 63 tahunlah," sambungnya.

Hasil audit fisik ini dikatakan sudah dilaporkan kepada Gubernur Sulsel melalui video conference, kemarin. Dalam kesempatan itupula, Arwin memaparkan tahapan progres rehabilitasi Stadion Mattoanging.

Selain audit forensik, beberapa tahapan rehabilitasi ini juga sudah berjalan. Misalnya penyusunan DELH dan amdal sementara berproses sejak 1 April dan diharapkan rampung selama 90 hari sesuai kontrak. Kemudian penyusunan andalalin, diharapkan sudah mukai 30 April mendatang.

"Secara simultan juga dilakukan lelang terhadap manajemen konstruksi. Saat ini sudah masuk pada tahap pemasukan penawaran untuk lelang manajemen konstruksi. Kita harapkan ini selesai tahapannya 14 Mei," imbuhnya.

Sembari semua tahapan itu berjalan secara simultan, Dispora Sulsel mulai mempersiapkan proses lelang perencanaan detail engineering design (DED). Proses ini sementara dalam tahap review dokumen oleh Inspektorat Sulsel bersama unit kerja pengadaan barang/jasa (UKPBJ).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1227 seconds (0.1#10.140)