alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Panwaslu Kota Makassar Kecam Kekerasan Terhadap Jurnalis

Kurniawan Eka Mulyana
Panwaslu Kota Makassar Kecam Kekerasan Terhadap Jurnalis
Ilustrasi/SINDOnews

MAKASSAR - Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Makassar, mengecam insiden kekerasan yang menimpa Jurnalis Metro TV, Faisal Wahab saat meliput proses rekapitulasi suara pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota di Kecamatan Mariso, Minggu (1/7/2018) malam.

Ketua Panwaslu Kota Makassar, Nursari melalui Humas Panwaslu, Muhammad Maulana, menilai kejadian itu adalah kulminasi dari block akses publik terhadap penyelenggaraan rekapitulasi suara pada tingkat kecamatan.

Menurutnya, dari sejumlah informasi yang dihimpun dari petugas panwascam di lapangan, terdapat sejumlah ketentuan larangan pelibatan media dalam proses rekap suara yang dibuat oleh PPK pada sejumlah kecamatan.



"Kami sangat menyayangkan insiden pelarangan liputan media dan kekerasan yang menimpa rekan jurnalis Metro TV pada tingkat rekap di kecamatan. Kekerasan tersebut selain perbuatan pidana dan pelanggaran terhadap ketentuan ratifikasi sipol ekosob, UU Pers, dan UU Pilkada. Insiden kekerasan dan pelarangan liputan media mencedrai semangat denokratis yang kami usung dalam penyelenggaraan pilkada ini," tegasnya, Senin (2/7/2018).

Nursari menambahkan, KPU Kota Makassar harus dapat memastikan akses dan partisipasi masyarakat dalam proses rekapitulasi suara dapat terakomodir.

Ketua panwaslu Kota Makassar juga mendesak aparat kepolisian dapat secara serius mengusut kasus kekerasan yang menimpa Faisal Wahab.



(agn)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook