DAS Kaliconpeng Bulukumba Rusak Parah Karena Tambang Galian C

Senin, 20 Juli 2020 - 17:50 WIB
loading...
DAS Kaliconpeng Bulukumba Rusak Parah Karena Tambang Galian C
Tambang galian C rusak DAS Sungai Kaliconpeng Bulukumba. Foto: Ilustrasi
A A A
BULUKUMBA - Daerah Aliran Sungai (DAS) Kaliconpeng, Kecamatan Ujungloe, Kabupaten Bulukumba, mengalami kerusakan parah diduga karena penambangan galian C.

Kerusakan tersebut dinilai bisa mengancam kehidupan masyarakat di daerah tersebut. Karena penambangan yang dilakukan perusahaan dan perorangan, saat ini telah mengikis sawah kawasan perumahan masyarakat dan terancam abrasi.



Hal itu disampaikan Kepala Desa Balong, Kecamatan Ujungloe, Irsan Arif dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi C DPRD Bulukumba .

"Kerusakan yang saat ini terjadi di Sungai Kaliconpeng akibat galian C yang berlebihan. Dan itu mengancam kehidupan masyarakat," terang Irsan Arif, Senin, (20/07/2020).

Sementara itu, Anggota DPRD Komisi C DPRD Bulukumba , Zulkifli Saiye menyebutkan bahwa, Sungai Kaliconpeng yang berada di Kecamatan Ujung Loe sudah bermasalah sejak lama.

Dinas Lingkungan Hidup kata dia, memang tidak mengeluarkan rekomendasi, namun nyatanya di daerah tersebut masih ada alat berat yang beroperasi.

Menurutnya, Pemerintah Daerah (Pemda) harus memahami kondisi alam. Meski material dibutuhkan untuk bangunan, namun kata Zulkifli Saiye yang juga politisi PDIP ini, keselamatan masyarakat jauh lebih penting.

"Kalau pengerukan terus dilakukan, sawah bisa menjadi kering. Saya meminta penambangan dilakukan secara manual saja, bukan dengan alat berat," pinta Zulkifli Saiye.

(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1494 seconds (0.1#10.140)