Tes SKB CPNS Direncanakan Berlangsung Selama Seminggu

Selasa, 21 Juli 2020 - 07:00 WIB
loading...
Tes SKB CPNS Direncanakan Berlangsung Selama Seminggu
Pemprov Sulsel mulai mempersiapkan rencana pelaksanaan seleksi kompetensi bidang (SKB) calon pegawai negeri sipil (CPNS). Foto : SINDOnews/Doc
A A A
MAKASSAR - Pemprov Sulsel mulai mempersiapkan rencana pelaksanaan seleksi kompetensi bidang (SKB) calon pegawai negeri sipil (CPNS) setelah Kemenpan-RB menetapkan rencana pelaksanaannya bulan September-Oktober mendatang. Baca : Seleksi Kompetensi Bidang CPNS Ditarget Digelar Agustus 2020

"Insyaallah, kita akan lanjutkan (tes SKB). Untuk tanggal pastinya memang belum ada. Hanya ancang-ancang waktunya di surat edaran itu pada bula September-Oktober," tutur Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sulsel, Imran Jauzi kepada SINDOnews, kemarin.

Untuk tanggal pasti pelaksanaannya, pihaknya masih menunggu petunjuk teknis (juknis) dari Kemenpan-RB. Namun dukungan sarana dan prasarana pelaksanaan SKB mulai dipersiapkan.

Pemprov Sulsel bakal melaksanakan SKB secara mandiri. Lokasi tesnya direncanakan di ruangan kompleks kantor Gubernur Sulsel. Dukungan komputer untuk ujian sistem CAT sudah disiapkan.

"Tentunya pelaksanaan tesnya nanti harus mengacu pada protokol kesehatan yang menjadi persyaratan. Kami juga sudah rapatkan terkait persiapan itu, dan saya secara pribadi tidak ragu bisa dilaksanakan dengan baik," tegasnya.

Imran berharap, pelaksanaan waktu tes SKB bisa diberi waktu seminggu. Dengan waktu pelaksanaan yang agak longgar, peserta yang akan ujian bisa dibagi per sesi dalam jumlah yang tidak terlalu banyak tiap harinya.

Hal ini juga mempertimbangkan agar pelaksanaan protokol kesehataan saat SKB bisa dimaksimalkan. Minimal 50 peserta setiap sesi ujian. Ini juga agar menjaga dari sisi jaga jarak antar peserta. Baca Juga : BKN Sulsel Pastikan Ujian SKB CPNS Tetap Dilaksanakan

"Supaya saat ujian CAT itu tidak perlu berdekatan. Kami disini mengusulkan, kita minta ke Kemenpan itu kalau bisa seminggulah. Kenapa? Supaya tidak mengganggu juga sistem perkantoran disini (kantor Gubernur Sulsel)," papar Imran.

Selepas tes SKB nanti, ujian kelulusan peserta akan diumumkan. Untuk tes wawancara, kemungkinan besar ditiadakan. "Kalau wawancara kan salah satu alternatif. Boleh tidak dilakukan. Kalau kami di pemprov ini kayaknya susah tidak perlu pakai wawancara. Standar kompetensi bidang ini saya kira sudah lebih dari cukup kok untuk tes ini," tambahnya.

Diketahui, pada saat pelaksanaan SKD CPNS lingkup Pemprov Sulsel 1.862 peserta berhasil mencapai passing grade. Jumlah inilah yang dianggap akan maju pada tahapan selanjutnya yakni SKB.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2892 seconds (0.1#10.140)