Hendak Cari Bonsai, Warga di Enrekang Malah Temukan Mortir

Rabu, 22 Juli 2020 - 16:20 WIB
loading...
Hendak Cari Bonsai, Warga di Enrekang Malah Temukan Mortir
Warga di Enrekang menemukan benda menyerupai mortir saat sedang mencari tanaman bonsai. Foto: SINDOnews/Aris Bafauzi
A A A
ENREKANG - Seorang warga bernama Rahim secara tak sengaja menemukan benda diduga mortir di tebing Mandu, Tontonan Kecamatan Anggeraja, Kabupaten Enrekang, Rabu (22/7/2020).

Benda tersebut ditemukan Rahim saat dia hendak mencari tanaman untuk bonsai. Saat itu kata Rahim, linggis yang ia pakai menggali menghantam benda diduga mortir tersebut.



"Saya mencari bonsai di tebing Mandu, yang tidak jauh dari rumah. Saat menggali itu saya temukan benda yang seperti mortir, ketika linggisku mengenainya saat menggali bonsai," ujar Rahim.

Demi keamanan, Rahim kemudian melaporkan temuannya itu ke Mapolsek Anggeraja.

"Kondisinya berkarat, dugaan peninggalan masa perang. Dan kini telah kita serahkan ke Sat Intelkam polres Enrekang ," beber Kapolsek Anggeraja, Iptu Lukman menjelaskan kondisi mortir tersebut.

Lukman pun mengapresiasi warga yang tanpa paksaan melaporkan temuannya itu ke pihak berwajib.

"Tentunya ini harapan kita bersama, penemuan sisa perang yang mungkin saja tertimbun di sekitar kita untuk diserahkan ke pihak berwajib, demi keamanan kita bersama," tambahnya.



Sebab kata Lukman, kemungkinan masih ada warga yang memilih menyimpan benda peninggalan perang sebagai koleksi pribadi atau untuk dijual.

Beberapa pakan sebelumnya, pihak Mapolsek Anggeraja, juga menangani kasus penemuan senjata api dan sejumlah peluru oleh warga di salah satu gua di wilayah tersebut. Benda tersebut diduga peninggalan dari pasukan Kahar Muzakkar.
(luq)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2009 seconds (0.1#10.140)