Kasus Kekerasan Terhadap Anak Meningkat Selama Pandemi Corona

Rabu, 22 Juli 2020 - 16:55 WIB
loading...
Kasus Kekerasan Terhadap Anak Meningkat Selama Pandemi Corona
Ilustrasi. Foto: Istimewa
A A A
JAKARTA - Tren kekerasan terhadap anak meningkat selama pandemi virus corona atau COVID-19. Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) mencatat, terdapat 809 kasus kekerasan yang sudah diadukan ke Komnas PA selama masa pandemi.

Sebanyak 52% di antaranya merupakan kasus kekerasan seksual. Ketua Komnas PA, Arist Merdeka Sirait mengatakan, kondisi ini harus menjadi perhatian bersama, khususnya menjelang peringatan Hari Anak Nasional (HAN) Kamis besok.



“Laporan di Komnas PA itu ada 809 kasus kekerasan terhadap anak, 52% kekerasan seksual ,” kata Arist, Rabu (22/7/2020).

Arist mengungkapkan, selama pandemi corona, kasus kekerasan terhadap anak justru meningkat. Sejumlah faktor menjadi penyebabnya, salah satunya adalah ekonomi.

Pandemi corona diketahui telah meluluhlantakan perekonomian warga. Banyak orang tua yang kehilangan pekerjaan sehingga itu berdampak pada pola asuh anak. Apalagi saat ini anak harus belajar dari rumah.



Dengan adanya sistem belajar dari rumah, maka itu akan menambah biaya operasional khususnya untuk pembiayaan kuota internet. Namun di sisi yang lain, orang tua sedang mengalami tekanan ekonomi gara-gara pandemi.

“Korelasinya dengan anak stay at home, orang tua kehilangan pekerjaan, orang tua tak punya ekonomi yang baik,” paparnya.
(luq)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.8256 seconds (0.1#10.140)