Bank Mandiri Tebar Virus Digital Entrepreneurship ke Milenial Makassar

Rabu, 22 Juli 2020 - 18:43 WIB
loading...
Bank Mandiri Tebar Virus Digital Entrepreneurship ke Milenial Makassar
Bank Mandiri terus menebar virus digital entrepreneurship ke generasi muda alias milenial Makassar. Foto/Istimewa
A A A
MAKASSAR - Bank Mandiri ingin mendorong terciptanya generasi kreatif bangsa yang mampu menciptakan nilai tambah bagi masyarakat setempat dan ikut membantu agenda Pemulihan Ekonomi Nasional dari dampak pandemi COVID-19. Untuk itu, Bank Mandiri dan anak perusahaannya, Mandiri Capital Indonesia (MCI) memberikan pelatihan mengenai digital entrepreneurship secara virtual kepada sekitar 1.000 peserta dari kalangan mahasiswa, calon mahasiswa, dan masyarakat umum pada Rabu (22/7/2020).

Regional CEO Bank Mandiri wilayah Sulawesi & Maluku, Angga Erlangga Hanafie, mengatakan diskusi virtual bertema “Membangun Digital Entrepreneurship di Era New Normal” itu mengusung misi untuk mendorong semangat generasi muda alias kaum milenial menjadi lebih terbuka terhadap teknologi serta membuka wawasan mengenai peluang bisnis di dunia digital.

“Bisnis digital sebagai hasil revolusi industry 4.0 bertumbuh pesat di Indonesia. Hampir seluruh sistem Bisnis konvensional beralih ke cara digital. Hal ini menjadi perhatian selama pandemi COVID-19, dimana banyak pelaku UMKM di Indonesia terpaksa menghentikan usaha mereka. Oleh karena itu, bisnis digital menjadi solusi bagi para pelaku UMKM saat ini,” kata Angga saat membuka diskusi virtual tersebut.



Diskusi virtual ini menghadirkan enam narasumber yaitu Direktur Keuangan dan Strategi Bank Mandiri Silvano W. Rumantir, Rektor Universitas Negeri Makassar Prof Husain Syam, CEO PT. Mandiri Capital Indonesia Eddi Danusaputro, CEO PT Mid Solusi Nusantara Suwandi Soh dan Head of CSR Center Department Bank Mandiri Diwangkoro Ratam.

“Kegiatan ini juga menjadi bentuk apresiasi Bank Mandiri yang memiliki program Wirausaha Muda Mandiri (WMM) kepada generasi muda, khususnya mahasiswa dan alumni Perguruan tinggi terbaik yang memiliki usaha mikro, kecil, dan menengah dengan memberikan fasilitas pelatihan untuk dibina menjadi startup,” kata Angga.

Untuk itu, pihaknya berharap ke depannya kolaborasi antara institusi pendidikan, Bank Mandiri dan masyarakat umum dapat terjalin dengan baik sehingga akan semakin banyak mencetak generasi muda yang inovatif.

Dalam paparannya, Direktur Keuangan & Strategi Bank Mandiri, Silvano Rumantir, menjelaskan Bank Mandiri terus mendorong perkembangan generasi muda Indonesia sebagai aset bangsa.

"Untuk itu, kami kembali mengadakan acara ini untuk meningkatkan motivasi dan minat generasi muda menjadi pelaku usaha. Kami berharap kami dapat menjaring bibit-bibit wirausaha muda dari seluruh kalangan," ujarnya.



Sedangkan Rektor Universitas Negeri Makassar (UNM), Prof Husain Syam, menyampaikan jika program Wirausaha Muda Mandiri ini sangat baik bagi generasi muda yang relatif dekat dengan digital. “Saya percaya bahwa generasi muda sekarang ini memiliki potensi yang sangat besar untuk menjadi seorang wirusaha dan tentunya tidak dipungkiri ke depannya bisa membuat startup mereka sendiri."

"Mereka hanya perlu pelatihan dari pengajar-pengajar yang tepat agar dapat mengembangkan bisnisnya dengan baik. Semoga Bank Mandiri bisa menjadi mitra UNM untuk dapat melahirkan wirausaha muda baru khususnya dibidang digital," sambung mantan Dekan Fakultas Teknik UNM ini.

Prof Husain menambahkan UNM pun sudah siap beradapatasi dengan perkembangan dunia digital, dengan menjadi Digital Entrepreneur Campus sesuai visi dan misinya. Juga didukung oleh kelengkapan sarana prasarana dengan membuka Prodi Teknik Informatika dan menyediakan akun wifii gratis kepada 35 ribu mahasiswanya. "Jadi mahasiswa saya bisa akses jaringan internet dimanpun mereka berada," tandasnya.
(tri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2050 seconds (0.1#10.140)