alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Kementerian Kesehatan Beri Bantuan 72 Puskesmas di Makassar

Vivi Riski Indriani
Kementerian Kesehatan Beri Bantuan 72 Puskesmas di Makassar
Ilustrasi/SINDOnews

MAKASSAR - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melalui dana hibah dari proyek Global Fund Health System Strengthening (GF-HSS) memberikan bantuan kepada 72 pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) di Kota Makassar.

Tim Leader Kementerian Kesehatan RI, Isti Ratna Ningsi mengatakan selain Makassar, kementerian juga memberikan bantuan kepada puskesmas yang ada di Parepare. Bantuan ini, kata dia sebagai salah satu upaya mendukung pelayanan kesehatan hingga ke Puskesmas.

"Kami dari tim pusdatin dengan projek penguatan sistem kesehatan, kami coba mendukung tingkat pelayanan paling bawah seperti Puskesmas dalam atas kelolah data agar kualitas lebih baik," kata Isti, Kamis (12/7/2018).



Untuk itu dia berharap dengan adanya proyek Teknologi Informasi dari bantuan hibah GF HSS, sehingga melahirkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang lebih baik. Termasuk informasi dan peralatan kesehatan kedepannya sudah memadai.

Menurutnya, penguatan data informasi dan pelayanan kesehatan harus didukung dengan alat yang memadai melalui sistem online yang dapat terhubung langsung ke Kementerian Kesehatan. Apalagi, kata dia, masih ada beberapa puskesmas yang menggunakan sistem data manual hingga menyebabkan human eror lebih banyak dan berdampak pada kesalahan informasi.

"Kita latihan studi banding puskesmas daerah lain, sudah mengimplementasikan sistem informasi ke Puskesmas kita sediakan komputer yang bisa digunakan tempat puskesmas sehingga kita bisa dapat data akurat, baik dan tepat waktu. Banyak psukesmas masih manual, kita butuh waktu, kualitas data dipertanyakan," jelasnya.



(bds)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook