Perpanjang Lockdown, Modi: Kehidupan Rakyat India Jauh lebih Berharga

Selasa, 14 April 2020 - 13:41 WIB
loading...
Perpanjang Lockdown, Modi: Kehidupan Rakyat India Jauh lebih Berharga
Perdana Menteri India Narendra Modi. Foto: Istimewa
A A A
NEW DELHI - Pemerintah India memperpanjang masa lockdowndi negara mereka, untuk memutus mata rantai penyebaran virus Corona hingga 3 Mei mendatang.

India menerapkan lockdown terlama saat ini untuk melindungi 1,3 miliar warganya, setelah sebelumnya melakukannya pada 25 Maret tengah malam, dijadwalkan berakhir pada Selasa, (14/04/2020) tengah malam.

"Dari sudut ekonomi, kami telah membayar harga yang besar," kata Perdana Menteri India, Narendra Modi dalam pidato nasional dilansir dari Al Jazeera, Selasa, (14/04/2020).

"Tapi kehidupan rakyat India jauh lebih berharga," lanjutnya.

Negara-negara Asia Selatan sejauh ini relatif tidak terluka oleh epidemi, berdasarkan data resmi lebih dari 10.000 kasus dan 339 kematian di India.

Tetapi dengan beberapa kota paling ramai di planet ini, ada kekhawatiran bahwa jumlahnya dapat meroket dan membanjiri layanan kesehatan.

Beberapa ahli juga mengatakan India belum melakukan tes yang cukup dan jumlah infeksi sebenarnya jauh lebih tinggi.

Beberapa wilayah, termasuk Maharashtra yang memiliki jumlah kasus terbanyak, Tamil Nadu dan Odisha, telah mengumumkan perpanjangan kuncian.

Tetapi pada saat yang sama, penguncian, dengan batasan aktivitas yang ketat, telah menghancurkan perekonomian - dan bagi rakyat miskin India.

Jutaan buruh harian yang upahnya tiba-tiba kehilangan pekerjaan, memaksa ratusan ribu untuk melakukan perjalanan ratusan kilometer kembali ke desa asal mereka, seringkali dengan berjalan kaki.

New Delhi sendiri menyediakan ratusan ribu makanan gratis. Para petani telah mengeluhkan kurangnya pekerja untuk memanen tanaman sementara penggerebekan ribuan truk tidak diizinkan bergerak karena penguncian telah menghambat transportasi makanan.

Pertanian, yang masih merupakan landasan ekonomi India, sedang menuju masa panen terpenting mereka tahun ini, menghasilkan uang untuk membiayai banyak desa selama berbulan-bulan.
(mba)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2794 seconds (0.1#10.140)