Anggaran Renovasi Dapur Disesuaikan Kebutuhan

Rabu, 29 April 2020 - 12:03 WIB
loading...
Anggaran Renovasi Dapur Disesuaikan Kebutuhan
Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Dapur merupakan salah satu ruangan penting di rumah yang menjadi tempat pengolahan berbagai makanan dan minuman untuk disajikan. Terlebih, saat Ramadan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri, aktivitas di ruang itu akan lebih padat.

Sering kali orang menganggap remeh pemeliharaan dapur. Padahal, jika penghuni rumah bisa mengatur desain dapur lebih bergaya dan tetap sesuai fungsinya, dijamin orang seisi rumah akan betah berlama-lama di sana.

Soal desain dapur, Anda bisa mengubah rancangannya sesuai selera, kebutuhan, dan fungsi peralatan yang digunakan. Perubahan tersebut dapat disesuaikan dengan dana yang dimiliki.

Keterbatasan anggaran yang tersedia akan menantang kreativitas Anda untuk melakukan perubahan secara efektif dan efisien. Sebaliknya, bila memiliki dana lebih, Anda bisa sangat leluasa mengubah rancangan dan penataan perabot agar sedap dipandang mata.

"Hal yang harus dipersiapkan untuk merenovasi dapur adalah menyiapkan anggaran sesuai kebutuhan. Bila kita memiliki anggaran minim, bisa memulainya dengan mengganti cat area dapur," kata desainer interior Rina Renvile.

Saat mengubah warna dinding, sebaiknya prioritaskan mengganti warna dengan yang kelihatan mendominasi ruangan dapur. Apabila masih terdapat dana lebih, gunakan untuk membeli cat tambahan untuk melapisi dan menghiasi dinding lain di dapur.

"Biasanya antara lemari makan dan peralatan dapur hanya tersedia jarak sedikit. Itu berarti tidak membutuhkan banyak cat untuk melapisi dinding belakangnya," ungkapnya.

Rina menambahkan, jika mengecat sendiri, perhitungkan banyaknya kaleng cat yang dibutuhkan untuk pekerjaan itu. Misalnya, beli satu galon cat terlebih dahulu, jika kurang bisa membeli lagi untuk menyempurnakan seluruh cat di dinding dapur.

Bila Anda memiliki dana sekitar Rp1 juta–Rp5 juta, Anda bisa melakukan banyak hal, seperti mengubah warna dinding, menambah dekorasi bernilai seni, dan mengganti lampu. "Salah satu perubahan di dapur bisa dilakukan dengan mengatur pencahayaan yang membuat perbedaan di dinding," ucapnya.

Dapur akan terlihat lebih indah dengan pencahayaan yang bisa dilakukan sesuai anggaran yang tersedia. Anda pun tidak perlu melakukan banyak perombakan untuk mendapatkan tampilan yang sedang menjadi tren. Jika masih memiliki sisa anggaran, cobalah mengganti semua lampu di dapur dengan membeli lampu gantung yang akan membuat suasana terasa lebih mewah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2327 seconds (0.1#10.140)