Lebaran Tahun Ini, Sapi Kurban Presiden untuk Sulsel Diambil di Maros

Jum'at, 24 Juli 2020 - 08:00 WIB
loading...
Lebaran Tahun Ini, Sapi Kurban Presiden untuk Sulsel Diambil di Maros
Seperti lebaran Idul Adha tahun lalu, Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) kembali bakal menyumbangkan satu ekor sapi sebagai hewan kurban untuk wilayah Sulawesi Selatan pada momen perayaan Hari Raya Idul Adha 1441 hijriah/2020 masehi. Foto : SINDOnews/Doc
A A A
MAKASSAR - Seperti lebaran Idul Adha tahun lalu, Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) kembali bakal menyumbangkan satu ekor sapi sebagai hewan kurban untuk wilayah Sulawesi Selatan pada momen perayaan Hari Raya Idul Adha 1441 hijriah/2020 masehi. Baca : Idul Adha Tahun Ini, Sulsel Siapkan 42 Ribu Sapi Kurban

Kepala Dinas Peternakan Sulsel, Abdul Azis mengaku jika pihaknya sudah menyiapkan sapi kurban yang akan disembelih tersebut nantinya. "Sudah ada. Ini sudah dipersiapkan. Sapi kurbannya tetap disiapkan dari Maros sama seperti tahun sebelumnya karena itu yang memenuhi syarat," ungkap Azis kepada SINDOnews.

Azis melanjutkan, sapi asal Maros yang disiapkan ini berjenis sapi simental seberat 900 kilogram lebih yang didatangkan dari Kabupaten Maros. Azis mengaku, untuk daerah penerima sumbangan sapi kurban Presiden masih sementara dibicarakan.

"Sapi kurban Presiden itu jenis simental dengan berat di atas 900 kilogram lebih. Kalau soal dimana nanti dikurbankan, sisa bagaimana kebijakan bapak gubernur dimana akan dipotong nantinya. Masih dibicarakan," beber Azis.

Di samping itu, pihaknya juga memastikan ketersediaan sapi kurban di Sulsel menjelang Idul Adha dipastikan terjamin. Setidaknya ada 70.000 ekor sapi yang disiapkan, dengan asumsi 42.675 yang ditarget khusus kebutuhan kurban tahun ini.

Menurutnya jumlah ini sudah lebih dari cukup. Bahkan Sulsel juga masih mampu menyuplai sapi kurban di luar daerah Sulsel lainnya. Tiap tahun, Sulsel menyuplai sekitar 26.000 sapi lintas provinsi.

"Jadi Insyaallah kita siap 70.000. Kalau khusus untuk kebutuhan kurban sekitar 42.675 ekor. Yang keluar sekitar 26.000 antar provinsi, misalnya biasanya ke Kalimantan tiap tahun," tandas Azis. Baca Juga : Jokowi-JK Sumbang Sapi Kurban di Makassar Seberat 1,2 Ton

Sementara Kepala Biro Kesejahteraan Setda Sulsel, Suherman mengaku, pihaknya juga masih berkoordinasi dengan pihak Istana Negara untuk kesiapan Presiden Jokowi. Dalam hal ini terkait rencana daerah yang akan dipilih untuk disumbangkan.

"Kalau yang siapkan sapi kurban presiden itukan dinas peternakan. Kalau kami nanti tinggal menerima dan menyalurkan. Rencananya secara simbolis diserahkan gubernur sulsel. Tapi soal dimana diberikan, masih dibicarakan, masih ada waktu seminggu persiapan," ujar Herman.

Pihaknya juga masih sementara melakukan pendataan sapi kurban dari tiap OPD lingkup Pemprov Sulsel. Sapi kurban yang juga direncanakan untuk disumbangkan kepada warga Sulsel. Baca Lagi : Jelang Idul Adha, Penjualan Hewan Kurban di Gowa Lesu
(sri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0947 seconds (0.1#10.140)