alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Daftar Pemilih Pemilu 2019 Rampung Agustus Mendatang

Luqman Zainuddin
Daftar Pemilih Pemilu 2019 Rampung Agustus Mendatang
ilustrasi/SINDOnews

MAKASSAR - Perbaikan Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 tengah dirampungkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulsel. Dijadwalkan, proses perbaikan DPS tersebut akan selesai pada 22 Agustus mendatang.

"Penetapan DPSHP (DPS Hasil Perbaikan) tanggal 22 Juli, di tingkat kabupaten/kota. Penyampaian hasil penetapan dan rekapitulasi DPT ke KPU Provinsi 22 Agustus. Itu sudah ada nanti DPT, itu tahapan," ujar Komisioner Divisi Hubungan Masyarakat, Data Informasi, dan Hubungan Antar Lembaga KPU Sulsel, Uslimin kapada SINDOnews, Senin (16/07/2018).

Menurut Uslimin, jumlah DPS ini meningkat dari DPT Pilgub Sulsel 27 Juni lalu yang hanya 6.022.987 pemilih, sementara DPS untuk Sulsel saat ini ditetapkan dengan jumlah 6.166.934 pemilih. Hal itu, lanjut Dia, lantaran DPS tersebut diambil dari DPT Pilgub Sulsel ditambah pemilih pemula yang diserahkan oleh KPU RI.



"Tapi DPTB ini oleh teman-teman di Kabupaten/kota kita minta bersihkan dulu. Jangan sampai pemilih yang ada di DPTB ini ada dalam DPT. Bisa saja," sambung Uslimin.

Tak hanya pemilih yang akan meningkat, tapi juga jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS). Jika pada Pilgub Sulsel lalu hanya ada 17.140, maka pada Pemilu 2019 nanti meningkat menjadi 26.143 TPS. Menurut Uslimin, TPS nantinya, hanya akan diisi 300 pemilih.



(sss)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook