Lewat Fun Futsal, Red Gank Galang Donasi untuk Korban Bencana di Lutra

Jum'at, 24 Juli 2020 - 14:50 WIB
loading...
Lewat Fun Futsal, Red Gank Galang Donasi untuk Korban Bencana di Lutra
Red Gank menggalang donasi untuk korban banjir bandang di Lutra saat kegiatan fun futsal yang digelar setiap Selasa malam. Foto/Istimewa
A A A
MAKASSAR - Beragam cara dilakukan kelompok suporter PSM Makassar yang tergabung dalam SuperSoccer dalam menggalang donasi untuk korban banjir bandang di Kabupaten Luwu Utara (Lutra), Sulsel. Jika sebelumnya The Maczman mengumpulkan dana dengan menyanyikan lagu dan yel-yel di sejumlah ruas jalan di Kota Makassar, Red Gank punya cara tersendiri.

Red Gank mengumpulkan donasi melalui kegiatan fun futsal. Tapi kegiatan yang digelar pada Selasa (21/7/2020) malam lalu berbeda dari biasanya. Kali ini, fun futsal disisipi dengan penggalangan donasi untuk korban banjir bandang di Masamba, Kabupaten Lutra.



Deputi Divisi Olahraga dan Musik Red Gank, Riswan Taufik, mengatakan fun futsal ini sebenarnya merupakan kegiatan rutin yang diadakan Red Gank setiap Selasa. Anggota Red Gank dari mana saja diizinkan untuk ikut serta.

“Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk silaturahmi, bisa saling mengenal satu sama lain. Jadi intinya bisa mempererat hubungan kekeluargaan. Apalagi di masa pandemi COVID-19 tidak banyak kegiatan,” ujar Wanda-sapaan akrabnya, Jumat (24/7/2020).

Namun, adanya banjir bandang di Masamba membuat Red Gank yang tergabung dalam SuperSoccer tergerak untuk membantu. Mereka pun membuat kolaborasi fun futsal dengan penggalangan donasi.

“Adanya musibah di Masamba membuat kami sepakat untuk melakukan penggalangan dana. Setiap orang yang datang diminta untuk saweran Rp 15 ribu. Uang tersebut digunakan untuk bayar sewa lapangan dan sisanya akan didonasikan untuk korban banjir,” tutur Deputi Kemitraan dan Sponsor Red Gank, Muhammad Amien.

Fun futsal spesial ini sudah dilakukan Red Gank yang tergabung dalam SuperSoccer sebanyak dua kali. Kegiatan pertama pada 14 Juli lalu diikuti lebih dari 30 member, sementara fun futsal pada 21 Juli dihadiri sekitar 20 member.



Untuk memperluas penggalangan donasi, para anggota Red Gank disejumlah sektor juga melakukan aksi yang sama. “Red Gank dari beberapa sektor juga melakukan aksi penggalangan donasi untuk korban banjir Masamba. Selain melalui kegiatan fun futsal seperti ini, teman-teman juga menjual minuman kemasan di sejumlah titik,” imbuh Amien.

Banjir bandang dan tanah longsor di Masamba terjadi pada pertengahan Juli lalu. Banjir ini terjadi akibat tiga anak sungai yang berada di Luwu Utara yakni Sungai Sabbang, Sungai Radda, dan Sungai Masamba meluap. Selain itu, Daerah Aliran Sungai Rongkong tidak mampu lagi menahan volume air yang semakin meningkat. Banjir bandang ini menyebabkan 38 orang tewas dan ribuan rumah warga mengalami kerusakan.
(tri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2182 seconds (0.1#10.140)