Bersama Kapal Berbentuk Kura-kura, Yi Sun Tumpas Jepang Selama 7 Tahun

Sabtu, 25 Juli 2020 - 00:55 WIB
loading...
Bersama Kapal Berbentuk Kura-kura, Yi Sun Tumpas Jepang Selama 7 Tahun
Bagi gererasi milenial, nama Yi Sun-Sin mungkin tak dikenal. Yi memang tak populer di Indonesia sebab dia adalah pahlawan nasional dan tokoh militer Korea. Foto : Istimewa
A A A
MAKASSAR - Bagi gererasi milenial, nama Yi Sun-Sin mungkin tak dikenal. Yi memang tak populer di Indonesia sebab dia adalah pahlawan nasional dan tokoh militer Korea. Yi memimpin angkatan laut untuk mengamankan wilayah perairan dengan menggunakan kapal berbentuk kura-kura yang dinamakan Gabukseon.

Yi Sun-Sin merupakan tokoh yang berjasa dalam menumpas serbuan pasukan Jepang yang menginvasi dalam perang tujuh tahun pada masa Dinasti Joseon. Dalam 7 tahun masa perang itu, Yi Sun-Sin memenangkan 23 kali pertempuran di laut tanpa kalah. Baca : Desa Terkaya di Dunia ada di China, Warganya Lalu Lalang Pakai Helikopter

Konon Yi Sun-Sin merupakan pemanah yang hebat hingga membuat para penguji dan para seniornya terpukau, namun Ia mematahkan kakinya ketika mengikuti ujian kavaleri. Yi Sun-Sin memulai karirnya pada tahun 1576, dan lulus dari gwageo atau ujian.

Empat tahun kemudian setelah peristiwa itu, Yi kembali mencoba menjalani ujian tersebut, dan pada usia 32 tahun ia berhasil lulus. Awalnya ia bertugas sebagai perwira dan dikenal akan sifat teguh dan tak kenal kompromi dalam menjalani prinsip-prinsipnya.

Hal ini mengakibatkan karier awal Yi tersendat dikarenakan banyak atasan yang tidak suka dengan sikapnya yang tegas dan disiplin. Suatu hari, bahkan ia pernah dicopot dari posnya bertugas karena menolak ikut berpartisipasi dalam kegiatan atasannya yang ia anggap tidak benar. Baca Lagi : Siapa Sangka, Wanita Paling Cantik di Dunia Ini Ternyata Penemu Teknologi WiFi

Akhirnya ia juga diturunkan menjadi prajurit kelas bawah dikarenakan fitnah seorang perwira lain yang tidak senang dengannya. Namun begitu, menjelang terjadinya awal Perang Tujuh Tahun dimana Jepang akan menyerbu Joseon, ia mendapat kenaikan pangkat sebagai Komandan Stasiun Angkatan Laut Kiri Jeolla berkat rekomendasi dari Perdana Menteri Ryu Seong-ryeong. Perdana Menteri Ryu telah berteman dengan Yi sejak kecil dan ia mengenal bakat kepemimpinan yang dimilikinya.

Setelah menjabat menjadi komandan angkatan laut, Yi bertugas membenahi Angkatan Laut Joseon dengan memperbaiki sistem administrasi, meningkatkan mutu persenjataan serta mendidik para pelaut. Ia juga menyelesaikan pengkonstruksian Kapal Kura-kura hanya satu hari sebelum Jepang mendarat.

Yi Sun-sin berperan penting dalam kemenangan Korea dalam Perang Tujuh Tahun. Perang Tujuh Tahun atau Perang Imjin merupakan serangkaian pertempuran panjang selama 7 tahun pada akhir abad ke-16 di semenanjung Korea yang disebabkan oleh invasi Jepang yang berniat menyerbu Cina melalui Korea.

Karena keberaniannya memberantas Jepang, Yi Sun-Sin akhirnya diberi gelar Chung Mu Gong atau Pahlawan Kesetian dan pengabdian. Ia meninggal 16 Desember 1598 pada umur 53 tahun. Baca Lagi : Kesal Diejek Jomblo, Pria Ini Bunuh 55 Orang Tetangganya dengan Sadis
(sri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2681 seconds (0.1#10.140)