alexa snippet
more
TOPIK TERPOPULER

Jangan Konsumsi ! Enam Makanan Ini Bisa Merusak Otak

Sri S Syam
Jangan Konsumsi ! Enam Makanan Ini Bisa Merusak Otak
Ilustrasi/Istimewa

MAKASSAR - Ada banyak sekali makanan ‘bodoh’ yang bisa merusak kemampuan otak. Beberapa makanan tertentu dapat menjadi racun bagi sel-sel otak, bahkan dalam dosis kecil dapat memengaruhi kewaspadaan, memori, suasana hati, dan sistem saraf. Dilansir dari berbagai sumber, berikut lima makanan yang berbahaya bagi otak jika dikonsumsi. 

1. Makanan Cepat Saji
Makanan cepat saji adalah sumber makanan penuh lemak yang terbukti berbahaya bagi otak Anda. Menurut penelitian, 40 persen dari orang yang makan junk food setiap hari kehilangan keseimbangan mental mereka dibandingkan dengan orang yang jarang mengkonsumsinya.

2. Gorengan
Gorengan mengandung banyak pewarna, bahan kimia aditif dan perasa buatan yang terbukti sangat berbahaya bagi otak Anda. Bahan kimia ini bisa mempengaruhi fungsi kognitif otak dan juga menghancurkan sel-sel di otak. Mengkonsumsi gorengan setiap hari juga bisa menyebabkan hipertensi pada orang dewasa maupun anak-anak.

3. Tuna
Sebagian besar ahli menganjurkan untuk mengonsumsi ikan tuna atau ikan salmon dua kali dalam seminggu, karena asam lemak yang ditemukan di dalamnya. Mengkonsumsi ikan tuna dapat membantu dalam funsi otak dan jantung. Tetapi ketika ikan ini dikonsumsi dalam jumlah berlebih, jumlah merkuri yang ditemukan di dalamnya dapat mempengaruhi fungsi otak juga. Jadi, upayakan untuk membatasi konsumsi tuna.

4. Kecap
Satu sendok kecap sama dengan 40 persen dari asupan garam yang direkomendasikan. Mengkonsumsi kecap dalam jumlah tinggi dapat membatasi darah ke otak dan mempengaruhi memori.

5. Ice Cream
Makan es krim secara langsung dapat dapat mempengaruhi kesehatan mental Anda. Satu cangkir vanila mengandung 10 gram lemak jenuh yang dapat menyumbat arteri dan 28 gram gula dapat menyebabkan misbalance funsgi otak

6. Alkohol
Alkohol diyakini bisa menyebabkan otak Anda terganggu dan mudah linglung. Selain itu alkohol juga bisa mempengaruhi ginjal dan hati untuk jangka panjang.



(sss)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads