alexa snippet
more
TOPIK TERPOPULER

Gugatan Saudi Airlines Terhadap Aset Abu Tours Ditolak

Mustafa Layong
Gugatan Saudi Airlines Terhadap Aset Abu Tours Ditolak
Dua unit rumah mewah milik CEO Abu Tour, Hamzah Mamba yang berada kompleks perumahan elit Lagosi D12 dan A09, Kabupaten Maros, disita penyidik Direktorat Kriminal Khusus (Ditkrimsus) Polda Sulsel, Kamis (12/04/2018). Foto : Najmi Limonu/SINDOnews

MAKASSAR - Majelis hakim sidang praperadilan menolak gugatan PT Ayuberga GSA Saudi Airlines terkait penyitaan aset PT Abu Tours yang dilakukan penyidik Ditreskrimsus Polda Sulsel, di Pengadilan Negeri (PN) Makassar, Rabu (18/7/2018).

Hakim Tunggal, Suratno menilai gugatan praperadilan terhadap penyitaan aset Abu Tours oleh Polda Sulsel itu, kabur, tidak jelas dan tidak pada tempatnya.

Dalam pertimbangan yang dibacakan, proses penyitaan sudah memenuhi syarat formil. Artinya penyitaan aset yang dilakukan oleh Polda Sulsel sudah sah secara hukum.

"Berdasarkan pertimbangan yang dibacakan, dengan ini pengadilan negeri Makassar menolak praperadilan yang diajukan pemohon,"kata Suratno saat membacakan putusan praperadilan.

Lebih lanjut, Suratno menyebutkan, pemohon mestinya mengajukan gugatan secara perdata jika bermaksud mendapatkan penagihan utang dari PT Abu Tours. Selain itu, penggunaan Pasal 39 KUHAPidana (penyitaan) yang dipakai pemohon untuk mengajukan praperadilan tidak terbukti.

Diketahui PT Ayuberga GSA Saudi Airlines mengajukan praperadilan terhadap aset yang disita Polda Sulsel. Sebab perusahaan ini mengaku memiliki hak pembayaran utang puluhan miliar berupa tiket pesawat jamaah yang belum dibayar PT Abu Tours.

PT Ayubergas GSA Saudi Airlines mengklaim 9 aset PT Abu Tours yang masuk sitaan polisi merupakan jaminan utang yang telah disepakati sebelumnya.

Kuasa hukum PT Ayubergas GSA Saudi Airlines Afriady Putra menyatakan, pihaknya akan kembali berkoordinasi dengan klien pasca putusan praperadilan.

Meski ditolak majelis hakim, namun putusan itu menguatkan posisi klinennya sebagai pihak berkepentingan, secara perdata.

"Kami menghargai putusam hukum.  Disini dalam eksepsi, kami mempunyai kepentingan disini, artinya dalam penyitaan kami ada kepentingan dan pada pokok perkara ada keterkaitan perdata," jelasnya.



(bds)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads