alexa snippet
more
TOPIK TERPOPULER

Wanita Sering Duduk Menyilangkan Kaki, Begini Peringatan Dokter

Diana Rafikasari
Wanita Sering Duduk Menyilangkan Kaki, Begini Peringatan Dokter
Bagi sebagian orang, wanita yang duduk dengan melipat atau menyilangkan kaki dinilai sangat sopan. Namun ternyata memiliki efek buruk. Foto: Hello Doctor

JAKARTA - Bagi sebagian orang, wanita yang duduk dengan melipat atau menyilangkan kaki dinilai sangat sopan. Namun ternyata memiliki efek buruk.

Para dokter sangat tidak menganjurkan duduk dengan sikap seperti itu, lantaran tanpa disadari dapat mengancam kesehatan.

Ahli fisiologi dan anatomi dari Klinik Scoliosis Care, Labana Simanihuruk, menjelaskan kebiasaan ini bisa menyebabkan skoliosis. Jika dibiarkan secara terus menerus dan dalam waktu lama, panggul akan berputar ke posisi yang tidak seharusnya.

"Bagi perempuan (melipat kaki) itu baik. Itu sopan, itu santun. Tapi untuk kesehatan, saya nyatakan tidak karena pelvic itu akan berputar ke posisi yang tidak seharusnya," papar Labana saat jumpa pers di kawasan Cikini, Jakarta, Selasa (17/7/2018).

Tak hanya duduk dengan melipat kaki, faktor lain yang tak terduga dapat menyebabkan skoliosis adalah kebiasaan pria menyimpan dompet di saku celana belakang. Tanpa disadari, saat satu atau dua derajat bokong sebelah kanan atau kiri terangkat naik berjam-jam, berhari-hari atau hitungan bulan lamanya, posisi pelvis atau panggul akan bergeser ke sisi sebelahnya.

"Laki-laki yang dompetnya tebal, suka ditaruh di kantong belakang lalu duduk. Itu adalah kebiasaan buruk. Hal itu bisa menjadi penyebab back pain atau skoliosis," tandasnya.

Sementara untuk mengurangi risiko skoliosis, Labana menyarankan untuk menerapkan gaya hidup ergonomis, selalu menjaga postur tubuh dan hindari gaya hidup sedentari. Skoliosis merupakan sebuah kelainan pada rangka tubuh berupa kelengkungan tulang belakang yang dapat terjadi pada anak berusia 10-19 tahun dan orang dewasa.



(kem)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads