Groundbreaking Proyek Metro Tanjung Bunga Ditarget September

Minggu, 26 Juli 2020 - 20:39 WIB
loading...
Groundbreaking Proyek Metro Tanjung Bunga Ditarget September
Groundbreaking proyek jalan Metro Tanjung Bunga Makassar ditargetkan berjalan September tahun ini. Foto: SINDOnews/Doc
A A A
MAKASSAR - Pj Wali Kota Makassar , Rudy Djamaluddin terus mendorong percepatan proyek pembangunan pedestrian Metro Tanjung Bunga. Jika tak ada kendala, groundbreaking proyek senilai Rp100 miliar ini, ditarget pada September mendatang.

"Insyaallah kalau tidak ada halangan, awal September kita mulai pelebarannya," kata Rudy singkat, Minggu (26/7/2020).



Komunikasi dengan pemilik lahan yang menjadi lokasi pembangunan terus dilakukan. Baik pihak koorporasi maupun lahan milik masyarakat sekitar.

Apalagi, ke depan kawasan ini akan menjadi ikon baru kota Makassar. Sehingga jika proyek ini rampung, maka estetika kota lebih tertata. Bahkan dinilai mampu menggerakkan perekonomian kota Makassar.

"Saya yakin dan percaya, pemilik lahan sepanjang jalan akan menghibahkan pelebaran karena selain melahirkan ikon baru juga melahirkan sejumlah akitivitas masyarakat," bebernya.

Sementara, Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Makassar , Nirman Mungkasa mengaku masih merampungkan perencanaan proyek pembangunan pedestrian Metro Tanjung Bunga.

Selanjutnya, perencanaan itu akan dikonsultasikan dengan Bagian Layanan Pengadaan Barang dan Jasa (BLPBJ) sebelum dilelang.

"Ini masih sementara proses, kalau administrasinya lengkap kita jalan. Nanti kita koordinasi dengan ULP bagaimana teknis pelaksanaannya melihat waktu yang tersisa," kata Nirman.



Rencananya, pedestrian akan dibangun sepanjang 3,2 kilometer dengan lebar 100 meter. Pemkot Makassar mengadopsi konsep pedestrian di sejumlah kota besar seperti Sudirman-Thamrin di Jakarta. Tapi tetap mengedepankan kearifan lokal.

Selain itu, pedestrian Metro Tanjung Bunga juga akan dilengkapi dengan taman dan tempat duduk dengan jarak setiap 5 meter. Kemudian tak ketinggalan akan menyiapkan jalur khusus disabilitas.

"Jadi kita fasilitasi masyarakat biar nyaman beraktivitas disitu," tutupnya.
(luq)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.9818 seconds (0.1#10.140)