Progres 28%, Proyek SSCH Masih Butuh Anggaran Rp4 Miliar

Senin, 27 Juli 2020 - 06:00 WIB
loading...
Progres 28%, Proyek SSCH Masih Butuh Anggaran Rp4 Miliar
Dinas Koperasi dan UMKM Sulsel mengusulkan anggaran senilai Rp4 miliar untuk merampungkan proyek pembangunan South Sulawesi Creative Hub (SSCH) di Makassar tahun 2021 mendatang. Foto : SINDOnews/Doc
A A A
MAKASSAR - Dinas Koperasi dan UMKM Sulsel mengusulkan anggaran senilai Rp4 miliar untuk merampungkan proyek pembangunan South Sulawesi Creative Hub (SSCH) di Makassar tahun 2021 mendatang. Baca : Pembangunan Creative Hub Sulsel Melambat, Baru 28 Persen

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Sulsel, Abdul Malik Faisal mengaku, pembangunan proyek SSCH ini dilakukan secara bertahap dengan target tiga tahun. Pengerjaan konstruksinya sendiri sudah dimulai sejak tahun lalu.

Dia berharap, usulan anggaran penyelesaian SSCH itu bisa diakomodir tahun depan. Jika direalisasikan, direncanakan proyek ini sudah bisa launching akhir tahun ini. Meski finalisasinya dilakukan tahun 2021.

"Kalau tahun 2021 dapat anggaran Rp4 M untuk penyelesaian, kita target akhir tahun sudah bisa launching. Anggaran ini kami sudah mengusulkan," beber Malik kepada SINDOnews, kemarin.

Dia melanjutkan, pengerjaan proyek konstruksi SSCH hingga saat ini masih mencapai 28%. Malik tak menampik, progres pembangunannya memang melambat, padahal sudah dimulai tahun lalu.

Dia beralasan, efek pandemi Covid-19 di Sulsel tahun ini, membuat kelanjutan pengerjaannya tertunda. Lelang konstruksi kelanjutan SSCH yang sedianya direncanakan Maret 2020 lalu, jadi terlambat. "Kalau tidak ada COVID-19, sebenarnya kita sudah mulai kerja bulan Maret 2020. Saat ini baru mau proses pengadaan barang jasa. Kita tetap akan lanjutkan," papar dia.

Malik melanjutkan, kelanjutan konstruksi SSCH tahun ini dialokasikan anggaran sekitar Rp1 miliar lebih. "Tahun ini Rp1 miliar. Diharapkan tahun depan Rp4 milyar untuk penyelesaian," tandas Malik. Baca Juga : South Sulawesi Creative Hub Bakal Dikelola Generasi Milenial

Pembangunan South Sulawesi Creative Hub (SSCH) yang digagas Pemprov Sulsel ini diketahui dibangun di sekitar kawasan Celebes Convention Centre (CCC), Jalan Metro Tanjung Bunga. SSCH ini ditujukan bagi masyarakat Sulsel sebagai ruang berkreasi khususnya generasi milenial.

Pada ruang kreatif itu nantinya akan dilengkapi berbagai fasilitas, seperti meeting room, working place, production house, expo product, ruang animasi, mini teater, ruang fotografi, dan sarana prasarana lain yang dianggap bisa memfasilitasi anak muda milenial. Baca Lagi : Ruang Kreatif untuk Generasi Milenial Ditarget Beroperasi Tahun 2021

Pembangunan SSCH ini juga sudah digaungkan Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullahlewat akun instagram resminya, Nurdin menyebut pembangunan SSCH ini dirancang oleh para arsitek muda asal Sulsel. "Gedung ini akan menjadi wadah bagi anak muda untuk mengembangkan bakat dan kreativitasnya," sebut Nurdin.
(sri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1417 seconds (0.1#10.140)