Menangi adu penalti, Spanyol tunggu lawan di final

Kamis, 28 Juni 2012 - 05:13 WIB
Menangi adu penalti, Spanyol tunggu lawan di final
Menangi adu penalti, Spanyol tunggu lawan di final
A A A
Sindonews.com – Selangkah lagi Spanyol mempertahankan gelar juara di Piala Eropa 2012. Laju El Matador berlanjut ke final setelah mengakhiri perlawanan sengit Portugal melalui drama adu penalti dengan skor 4-2 pada babak semifinal di Donbass Arena, Donetsk, Ukraina, dini hari tadi.

Pertandingan harus diakhiri adu penalti setelah dalam waktu normal 2x45 menit dan perpanjangan waktu 2x15 menit, kedua tim gagal mencetak gol. Dalam babak adu nasib itu, Spanyol melakukan tendangan pertama.

Xabi Alonso maju sebagai eksekutor pertama dari kubu Spanyol. Gelandang Real Madrid itu gagal menjalankan tugas setelah tendangannya ke kiri gawang Portugal dapat diblok kiper Rui Patricio.

Ketegangan meliputi kubu Portugal. Joao Moutinho yang menjadi penendang pertama Portugal juga gagal menjalankan tugas. Tendangan Moutinho ke kanan gawang mampu dibaca dengan baik oleh Iker Casillas. Skor masih 0-0.

Andres Iniesta membuka kebuntuan setelah bola tendangannya ke kiri gawang mampu mengelabui Patricio yang bergerak ke kanan. Skor berubah menjadi 1-0. Portugal langsung menyamakan 1-1 setelah tendangan keras Pepe ke kanan gawang bisa menaklukkan Casillas.

Gerard Pique yang maju sebagai eksekutor ketiga sukses melaksanakan tugasnya setelah tendangannya ke kanan tak bisa dibendung Patricio. Dalam posisi 2-1, Nani memperpanjang asa Portugal setelah tendangannya mengecoh Casillas yang bergerak ke kiri. Skor 2-2.

Spanyol memperbesar keunggulan 3-2 melalui tendangan chip Sergio Ramos ke tengah. Patricio yang telanjur bergerak terkecoh ke kanan. Petaka bagi Portugal datang ketika Bruno Alves gagal melaksanakan tugasnya sebagai eksekutor keempat. Tendangan keras Alves menghantam tiang atas kiri gawang.

Akhirnya, Spanyol melangkah ke final setelah Cesc Fabregas memungkasi perlawanan Portugal. Fabregas nyaris gagal ketika tendangannya membentur mistar bagian dalam di kanan bawah. Untung, bola masuk ke jarring tanpa bisa dihalau Patricio.

Spanyol melenggang ke final dengan keunggulan 4-2. El Matador menunggu pemenang semifinal kedua antara Jerman melawan italia dini hari nanti.
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9160 seconds (0.1#10.140)