alexametrics
TOPIK TERPOPULER

Jangan Putus Asa, 8 Jalan Rezeki dalam Alquran yang Harus Kamu Yakini

Sri S Syam
Jangan Putus Asa, 8 Jalan Rezeki dalam Alquran yang Harus Kamu Yakini
Allah SWT telah menyiapkan delapan jalan menuju rezeki yang Ia ridhoi sebagaimana tercantum dalam Alquran. Foto : SINDOnews/Doc

MAKASSAR - Rezeki, jodoh, dan kematian sudah ditakdirkan Allah SWT kepada kita. Tidak ada satupun yang bisa mengubah kehendakNya kecuali Allah SWT sendiri. Baca : Jangan Lakukan! Rasulullah Sangat Melarang Umatnya Mengucapkan 3 Hal Ini

Meski begitu, kita tetap harus berupaya agar memperoleh rezeki dengan cara yang halal dan berkah. Sebab Allah SWT telah menyiapkan delapan jalan menuju rezeki yang Ia ridhoi, sebagaimana diurai di bawah ini.

1. Rezeki yang Telah Dijamin
Sebagaimana firman Allah SWT dalam Surah Hud :6. " Dan tidak satupun makhluk bergerak bernyawa di bumi melainkan semuanya dijamin Allah rezekinya. Dia mengetahui tempat kediamannya. Semua tertulis dalam kitab yang nyata (Lauh Mahfuz)."



2. Rezeki Tak Terduga
Sebagaimana firman Allah SWT dalam Surah At-Talaq: 2). "Maka apabila merela telah mendekati akhir idahnya, maka rujuklah (kembali kepada) mereka dengan baik dan persaksikanlah dengan dengan dua orang saksi yang adil diantara kamu dan hendaklah kamu tegakkan kesaksian itu karena Allah. Demikianlah pengajaran itu diberikan  bagi orang yang beriman kepada Allah di hari kiamat. Barang siapa bertaqwa kepada Allah, niscaya Allah akan membukakan jalan keluar baginya,"

3. Rezeki karena Anak
Sebagaimana firman Allah SWT dalam Surah Al-Isra':31, "Dan janganlah kamu membunuh anak-anakmu karena takut miskin. Kamilah yang memberi rezeki kepada mereka dan kepadamu. Membunuh mereka itu sungguh suatu dosa yang besar." Baca Lagi : Kenapa Orang Berilmu Justru Masuk Neraka? Inilah Penyebabnya

4. Rezeki karena Istiqfar
Sebagaimana firman Allah SWT dalam Surah Nuh: 10-12, "Maka aku berkata (kepada mereka), mohonlah ampunan kepada Tuhanmu, sungguh Dia maha pengampun. Niscaya Dia akan menurunkan hujan yang lebat dari langit kepadamu, dan Dia memperbanyak harta dan anak-anakmu, dan memgadakan sungai-sungai untukmu,"

5. Rezeki karena Menikah
Sebagaimana firman Allah SWT dalam Surah An-Nur 24, " Dan nikahkanlah orang-orang yang masih membujang di antara kamu, dan juga orang-orang yang layak (menikah) dari hamba-hamba sahayamu yang laki-laki maupun perempuan. Jika mereka miskin, Allah akan memberi kemampuan kepada mereka dengan karunia-Nya. Dan Allah maha luas (pemberian-Nya), maha mengetahui,"

6. Rezeki karena Bersyukur
Sebagaimana firman Allah SWT Surah Ibrahim : 7, "Dan ingatlah ketika Tuhanmu memaklumkan, sesungguhnya jika ku bersyuku, niscaya Aku akab menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku) maka pasti azab-Ku sangatlah pedih,"

7. Rezeki karena Sedekah
Sebagaimana firman Allah SWT Surah Al-Baqarah : 245, "Barang siapa yang meminjami Allah dengan pinjaman yang baik, maka Allah melipatgandakan ganti kepadanya dengan banyak. Allah menahan dan melapangkan rezeki dan kepadan-Nyalah kamu dikembalikan,"

8. Rezeki karena Usaha
Sebagaimana firman Allah SWT Surah An-Najm : 39-41, "Dan bahwa manusia hanya memperoleh apa yang telah diusahakannya, dan sesungguhnya usahanya itu kelak akan diperlihatkan (kepadanya), kemudian akan diberi balasan kepadanya dengan balasan yang paling sempurna,". Baca Lagi : Sungguh Indah, Tanda Ini Ada Pada Seseorang yang Meninggal Khusnul Khatimah



(sri)

preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak