alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Kepuasan Masyarakat Makassar Meningkat Terhadap Layanan Kesehatan

Hasdinar Burhan
Kepuasan Masyarakat Makassar Meningkat Terhadap Layanan Kesehatan
Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Danny Pomanto hadir sebagai pembicara (layanan kesehatan) dirangkaian acara Tempo Media Week 2017, di Gedung Perpustakaan Nasional, Jakarta, Sabtu (25/11/2017). Foto : Istimewa

MAKASSAR - Kondisi pelayanan kesehatan di Makassar kian meningkat, seiring dengan itu tingkat kepuasan masyarakat pun meningkat. Meski kerja-kerja pemerintahan belum mencapai angka maksimal 100%.

Data yang diperoleh SINDOnews, peningkatan pelayanan kesehatan utamanya pada program Homecare meningkat dari tahun sebelumnya. Dinas Kesehatan (Dinkes) Makassar mencatat, masyarakat terlayani di tahun 2018 ini mencapai 7.366 jiwa, di tahun lalu hanya berkisar 4.685 jiwa terlayani langsung di rumah mereka.

Sekretaris Dinkes Makassar, Dr Tasmin pun memaparkan, tingkat kepuasan masyarakat atas pelayanan puskesmas mencapai 81,77% (predikat SANGAT BAIK), atau meningkat dari tahun sebelumnya yaitu sebesar 81,71%.



“Jumlah pasien rujukan yang terlayani pada RSUD Makassar sebanyak 44.294 pasien dari keseluruhan 44.-440 pasien atau sebesar 99,67%, sementara sakit lain tara 146 pasien dirujuk ke rumah sakit lain,” jelas Tasmin saat Rapat Badan Anggaran terkait Ranperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD TA 2017 di Ruang Rapat Banggar DPRD Makassar, Sabtu (28/7/2018).

Sementara itu, dari catatan medik, prevelensi gizi kurang 6,90%, atau berhasil diturunkan dari tahun sebelumnya yaitu sebesar 7,64%, prevelensi gizi buruk 2,03%, atau juga berhasil diturunkan dari tahun sebelumnya yaitu sebesar 2,06%.

“Sejumlah indikator yang kam sampaikan tadi memberikan gambaran bahwa pelayanan kesehatan telah berlangsung semakin baik dari tahun ke tahun,” pungkasnya.

Atas capaian itu, anggota badan anggaran DPRD Makassar, Rahman Pina mengakui peningkatan pelayanan puskesmas jauh lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.

Ia bahkan memuji beberapa inovasi yang dilakukan oleh pihak puskesmas untuk meningkatkan pelayanan, seperti ruang anak, ruang ASI, dsb.

“Dulu, puskesmas itu tidak ada bedanya dengan puskesmas yang ada di daerah. Dan kalau kita bandingkan dengan sekarang,  jauh lebih baik,  karena kita punya kebanggaan dari perubahan puskesmas yang ada di puskesmas sekarang,” katanya.

Kepuasan Masyarakat Makassar Meningkat Terhadap Layanan Kesehatan
(Layanan kesehatan Homecare Pemkot Makassar yang diinisiasi Wali Kota Danny Pomanto)



(bds)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads