alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

PDAM Target 10.000 Pemasangan Gratis bagi Masyarakat Miskin

Herni Amir
PDAM Target 10.000 Pemasangan Gratis bagi Masyarakat Miskin
PDAM Gowa menargetkan pemasangan 10.000 sambungan rumah pada warga berpenghasilan rendah. Foto: Istimewa

SUNGGUMINASA - Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Jeneberang Gowa menargetkan program sambungan rumah (SR) atau pemasangan pertama kali secara gratis kepada10.000 masyaralat berpenghasilan rendah (MBR).

 

"Ini akan kita lakukan secara bertahap. Keinginan kita ini bisa tercapai dalam tiga tahun kedepan,"ungkap Direktur PDAM Gowa Hasanuddin Kamal, Senin (30/7/2018).



 

Untuk mendukung target tersebut, PDAM atas dukungan penuh pemerintah Daerah akan menambah kapasitas produksi dengan membangun IKK Malakaji. Hal ini sebagai upaya perluasan layanan. 

 

PDAM juga akan melakukan pembangunan Instalasi pengolahan Air (IPA) kapasitas 100 liter/detik di bontomarannu. Selain itu, akan dibangun intake baru agar pengotimalan  IPA Pandang-pandang yang berkapasitas 200 liter/detik dapat dilakukan.

 

"Jika semua ini terealisasi maka pelayanan akan lebih luas dengan cakupan lebih tinggi sejalan dengan arahan Bupati Gowa untuk meningkatkan dan memperluas pelayanan air bersih sebagai kebutuhan pokok,"paparnya.

 

Apalagi kata Hasanuddin,  telah terjadi penurunan kapasitas air baku dari Bendungan Bili-bili. 

 

Sementara itu, untuk penyelesaian program SR gratis bagi 1.500 MBR yang saat ini tengah berjalan sudah mencapai 79,33%. Dia juga berharap, pihaknya bisa merampungkan program tersebut di Bulan Agustus.

 

"Kita usahakan Agustus selesai, supaya kementerian PUPR dapat melakukan verifikasi pada bulan September mendatang,"katanya.

 

Sementara itu, Ketua DPRD Gowa, H Ansar Zaenal Bate mengatakan, program ini patut disyukuri oleh masyarakat Gowa khusisnya yang kurang mampu. Pemkab Gowa melalui PDAM akan memberikan layanan gratis biaya pemasangan sambungan baru yang biasanya dibebankan sekitar Rp 1 juta.

 "Yang jelas warga kurang mampu akan gratis biaya sambungan baru tapi untuk tagihan setiap bulannya tetap menjadi kewajiban pelanggan bersangkutan. Jadi jangan sampai keliru memahami program ini," tambah ketua dewan. 



(agn)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads