alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Rekomendasi Demokrat di Pilgub Sulsel Tunggu SBY Pulang

Kurniawan Eka Mulyana
Rekomendasi Demokrat di Pilgub Sulsel Tunggu SBY Pulang
Suasana pendaftaran bakal Calon Gubernur-Wakil Gubernur Suawesi Selatan di Sekretariat Partai Demokrat Sulsel. Foto: Maman Sukirman/SINDOnews

MAKASSAR - Seluruh kandidat Bakal Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulsel yang telah mengikuti penjaringan di Partai Demokrat masih bisa berharap untuk dapat diberi rekomendasi sebagai bakal calon.

Ketua Desk Pilkada Partai Demokrat Sulsel, Selle KS Dalle, yang dihubungi Senin (23/10) malam, mengatakan saat ini belum ada keputusan dari DPP Partai Demokrat mengenai kandidat yang akan diusung.

Salah satu penyebabnya adalah Ketua Umum Partai Demokrat, sekaligus Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) masih berada di luar negeri.



"Semua masih bisa berharap, sepanjang belum ada keputusan. Saat ini belum ada keputusan, Pak SBY sebagai Ketua Umum dan Ketua Majelis Tinggi sedang berada di luar negeri, nanti tanggal 1 November baru balik ke Indonesia," jelasnya.

Bahkan setelah SBY kembali ke Indonesia, kemungkinan rekomendasi tersebut belum diterbitkan karena masih akan dibahas kembali. Terlebih setelah nama-nama kandidat diserahkan pada DPP beberapa waktu lalu, Majelis Tinggi Partai Demokrat secara khusus melakukan pengamatan dan pencermatan perkembangan kandidat di Sulsel.

"Tentu sekarang tidak sama semua posisinya nama yang kami kirim. Sesuai penilaian dan pengamatan, bahwa siapa yang dicermati serius dan fokus, itu menjadi kewenangan DPP. Tidak etis juga kalau saya sebut siapa yang gugur, karena itu kewenangan DPP," paparnya.

Sebelumnya, Pengamat politik dari Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar, Firdaus Muhammad, menyatakan poros Demokrat-Hanura bakal terjadi karena jumlah kursi yang mereka miliki sudah cukup untuk mengusung kandidat.

Jika poros tersebut nantinya jadi terbentuk, Firdaus menyarankan agar koalisi Demokrat-Hanura mengusung pasangan Agus Arifun Numang-Aliyah Mustika Ilham (Agus-Aliyah).

"Poros Demokrat Hanura bakal jadi poros baru karena kursinya genap 17 kursi sehingga perlu kesepakatan kandidat yang diusung. Sebaiknya Demokrat usung Agus Aliyah yang sudah siap maju," jelasnya.



(kem)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook