alexametrics
TOPIK TERPOPULER

China Dituding Punya Misi Terselubung Lewat TikTok dan Zoom

Fikri Kurniawan
China Dituding Punya Misi Terselubung Lewat TikTok dan Zoom
Senator AS meyakini, pemerintah China punya misi terselubung lewat aplikasi TikTok dan Zoom. Foto: Ilustrasi/Istimewa

JAKARTA - TikTok lagi-lagi mendapat serangan. Persepsi buruk terhadap aplikasi di bawah naungan ByteDance itu kerap muncul dari berbagai pihak. Tidak hanya TikTok, aplikasi konferensi video, Zoom, juga mendapat serangan serupa.

Kali ini tudingan keterlibatan TikTok dan Zoom terhadap pemerintah China, muncul dari Senator Richard Blumenthal dari Partai Demokrat dan Josh Hawley dari Partai Republik.

Baca juga: Tambah Kusut, DPR Jepang Serentak Suarakan Blokir TikTok



Kedua politisi Amerika Serikat itu masih yakin, bahwa TikTok dan Zoom terlibat aktivitas sharing data pengguna dengan pemerintah China secara diam-diam.

Pengguna TikTok dan Zoom di Negeri Paman Sam memang terus meningkat selama pandemi. Menurut kedua senator itu, hanya sedikit warga AS yang sadar bahwa privasi data mereka terancam karena penggunaan dua aplikasi tersebut.

Di sisi lain, tentu saja pihak aplikasi membantah. Zoom menegaskan bahwa mereka merupakan aplikasi dari AS, bukan China. Zoom juga menyatakan privasi dan keamanan data pengguna terjaga dengan baik.

Baca juga: China Luncurkan Tiga Satelit ke Orbit, Salah Satunya Pemburu Materi Gelap

“Zoom merupakan perusahaan Amerika dengan kantor pusat di California, dan sahamnya diperdagangkan di Nasdaq," cetus juru bicara Zoom, dikutip dari South China Morning Post.

Sementara TikTok juga telah berkali-kali menegaskan, bahwa data dari penggunannya dijaga dengan sangat aman, dan tidak akan dibagikan dengan siapapun.



(luq)

preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak