alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

KPU Sulsel Tolak Perbaikan Puluhan Berkas Bacaleg Partai Berkarya

Luqman Zainuddin
KPU Sulsel Tolak Perbaikan Puluhan Berkas Bacaleg Partai Berkarya
Ilustrasi/SINDOnews

MAKASSAR - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulsel menolak puluhan berkas perbaikan bakal calon anggota legislatif (bacaleg) asal Partai Berkarya. Mereka terancam tak bisa ikut pada kontestasi Pileg 2019 mendatang.

Pasalnya, berkas perbaikan (B1 dan B2) yang diajukan tidak ditandatangani langsung oleh Ketua Partai Berkarya Sulsel, Patabai Pabokori, melainkan orang lain.

Informasi yang dihimpun SINDOnews, yang bertanda tangan dalam form B1 - B2 tersebut tercantum sebagai pelaksana tugas (Plt). Namun, tak diketahui pasti siapa Plt tersebut.



Komisioner KPU Sulsel, Fatmawati Rahim saat dikonfirmasi membenarkan adanya penolakan berkas pengajuan perbaikan dari partai Berkarya.

Menurut dia, sebelum ditolak pihaknya terlebih dahulu sudah memberikan kesempatan untuk melakukan perbaikan.

"Jadi tadi malam semua sudah datang, termasuk Berkarya. Setelah kita teliti ada yang belum lengkap. Lalu kita beri kesempatan untuk lengkapi, sehingga sampai batas waktu tidak bisa terpenuhi sehingga sesuai ketentuan, kita menolak dokumen pengajuan perbaikannya," ujar Fatmawati Rahim lewat sambungan selulernya, Rabu (1/8/2018).

Fatmawati sendiri membenarkan, bahwa ketidaklengkapan berkas partai Berkarya Sulsel terkait tanda tangan. Dimana harus ada tanda tangan ketua dan sekretaris. "Menurut informasi mereka, ada kendala teknis dimana ada keadaan diluar rencana mereka. Kami harus memperlakukan sama semua partai," sambung Fatmawati.

Adapun jumlah bacaleg partai Berkarya untuk DPRD Sulsel yang ditetapkan Belum Memenuhi Syarat (BMS) dan harus melakukan perbaikan adalah sebanyak 64 orang dari total 76 bacaleg. Sementara 12 bacaleg lainnya telah memenuhi syarat.



(bds)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook