alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Warga Keluhkan Aliran, PDAM Permasalahkan Debit Air Sungai

Herni Amir
Warga Keluhkan Aliran, PDAM Permasalahkan Debit Air Sungai
Petugas PDAM Gowa melakukan perbaikan bantaran sungai jeneberang agar distribusi air bersih ke pelanggan tetap terjaga. Foto: Herni Amir/SINDOnews

SUNGGUMINASA - Warga Kecamatan Pallangga mengeluhkan aliran air PDAM yang tidak lancar, bahkan dalam sehari hanya mengalir beberapa jam saja. Khususnya pada pagi hari.

Seorang warga BTN Aura Pallangga, Nita, mengaku aliran air PDAM tersebut biasanya mengalir pada malam hari. "Air PDAM memang akhir-akhir ini tidak lancar. Kadang-kadang hanya mengalir satu atau dua jam di waktu pagi. Setelah itu, malam baru kembali mengalir," keluhnya, Kamis (2/8/2018).

Menanggapi hal itu, Direktur PDAM Gowa, Hasanuddin Kamal, mengatakan tidak lancarnya aliran tersebut karena menurunnya produksi air akibat turunnya permukaan tanah Sungai Jeneberang.



Untuk mengatasi hal itu, pihaknya mengerahkan petugas PDAM Gowa untuk memperbaiki bantaran sungai Jeneberang.

Kondisi ini menurutnya membuat semua pihak memutar otak, agar intake air baku bisa dipompa ke instalasi, sehingga siap menjadi air bersih yang akan didistribusikan ke pelanggan di Kecamatan Somba Opu, Pallangga dan Barombong.

"Sekarang kita masuk musim kemarau dan ini menjadi tantangan tersendiri bagi kami karena debit air yang keluar dari bendungan nyaris tidak ada selain yang dialirkan untuk irigasi, dan akibatnya permukaan sungai di mana intake kami berada merosot turun," jelas Hasanuddin.



(kem)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads