Rusia Agendakan Vaksinasi Massal COVID-19 pada Oktober

Sabtu, 01 Agustus 2020 - 21:45 WIB
loading...
Rusia Agendakan Vaksinasi Massal COVID-19 pada Oktober
Pengembangan vaksin COVID-19. Foto/Ilustrasi/Reuters
A A A
MOSKOW - Pemerintah Rusia mengagendakan vaksinasi COVID-19 skala besar pada Oktober mendatang. Hal itu disampaikan oleh Menteri Kesehatan Rusia, Mikhail Murashko, yang menyebut vaksinasi massal itu akan dilakukan saat pengembangan vaksin itu rampung.

Murashko mengatakan Gamaleya Institute, sebuah fasilitas penelitian negara di Moskow, telah menyelesaikan uji klinis vaksin dan dokumen sedang dipersiapkan untuk mendaftarkannya.



Dia mengatakan dokter dan guru akan menjadi prioritas. Orang-orang dari dua profesi itu merupakan pertama yang divaksinasi. "Kami merencanakan vaksinasi yang lebih luas untuk Oktober," kata Murashko dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Reuters pada Sabtu (1/8/2020).

Gamaleya Institute telah mengerjakan vaksin berbasis adenovirus. Namun, kecepatan di mana Rusia bergerak untuk meluncurkannya telah mendorong beberapa media Barat untuk mempertanyakan apakah Moskow menempatkan prestise nasional di atas sains dan keselamatan.

Kepala Dana Investasi Langsung Rusia, Kirill Dmitriev, mengatakan bahwa keberhasilan Rusia dalam mengembangkan vaksin sama dengan peluncuran Sputnik 1 1957 oleh Uni Soviet, satelit pertama di dunia.
(tri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.3002 seconds (0.1#10.140)