19 Unit Alat Berat Dikerahkan untuk Keruk Sungai Masamba

Minggu, 02 Agustus 2020 - 13:19 WIB
loading...
19 Unit Alat Berat Dikerahkan untuk Keruk Sungai Masamba
Sebanyak 19 unit alat berat dikerahkan untuk keruk sungai Masamba pascabanjir bandang yang terjadi. Foto: Istimewa
A A A
LUWU UTARA - Sekitar 19 unit alat berat diturunkan untuk melakukan normalisasi sungai Masamba, pascabencana banjir bandang yang melanda wilayah tersebut.

Bantuan pengerahan alat berat ini merupakan kerjasama Balai Besar Wilayah Sungai Pompengan Jeneberang (BBWSPJ) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Republik Indonesia, Pemerintah Kabupaten Luwu Utara yang terus berupaya melakukan penanganan pascabanjir bandang.



19 unit alat berat terlihat bekerja melakukan pengerukan sungai Masamba. Pengerahan alat berat tentu diharap akan mempercepat upaya penanganan normalisasi sungai Masamba.

“Sesuai arahan Menteri PUPR, normalisasi dilakukan karena dasar sungai sudah naik, bahkan ketebalannya mencapai 8 meter,” kata Kadis PUPR Luwu Utara Suaib Mansur.

19 alat berat ini melakukan pengerukan sungai Masamba tepat di belakang pabrik cokelat challodo. Tak hanya pengerukan sungai, pemerintah juga terus melakukan upaya pembersihan kota Masamba.

“Kita juga terus melakukan upaya pembersihan material sungai yang naik hingga ke permukiman warga,” jelasnya.

Sekadar informasi, intensitas curah hujan masih cukup tinggi di Luwu Utara , sehingga harus dilakukan upaya normalisasi dengan memperdalam kembali sungai Masamba yang mengalami pendangkalan. Upaya ini harus dilakukan untuk mencegah terjadinya banjir, mengingat sungai tak mampu menampung air hujan dan kiriman air dari hulu sungai.

(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 2.3960 seconds (0.1#10.140)