Beberapa Hari Kedepan, Trump Disebut akan Menindak TikTok

Senin, 03 Agustus 2020 - 08:13 WIB
loading...
Beberapa Hari Kedepan, Trump Disebut akan Menindak TikTok
Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump benar-benar akan menindak beberapa aplikasi asal China termasuk TikTok. Foto : SINDOnews/Doc
A A A
WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump, benar-benar akan menindak beberapa aplikasi asal China termasuk TikTok. Tindakan tersebut akan dilakukan beberapa hari kedepan. Baca : Trump Segera Larang TikTok Beroperasi di Amerika Serikat

Demikian diungkapkan Menteri Luar Negeri AS, Michael Richard Pompeo saat muncul di acara "Sunday Morning Futures" Fox News. Pompeo mengklaim praktik perusahaan-perusahaan teknologi China yang saat ini menjadi perhatian pemerintah, termasuk TikTok dan WeChat, menimbulkan masalah privasi sejati bagi rakyat Amerika.

"Untuk waktu yang lama AS hanya mengatakan 'Ya ampun, jika kita bersenang-senang dengannya, atau jika perusahaan dapat menghasilkan uang darinya, kita akan membiarkan itu terjadi'," kata Pompeo, yang dilansir Senin (03/08/2020).

Dia mengatakan pendekatan pemerintah Trump terhadap beberapa aplikasi China akan segera berubah. "Presiden Trump telah mengatakan 'cukup' dan kami akan memperbaikinya, sehingga dia akan mengambil tindakan dalam beberapa hari mendatang sehubungan dengan beragam risiko keamanan nasional," ujar bekas direktur CIA tersebut, merujuk pada perusahaan yang dia klaim terhubung ke Partai Komunis China.

Komentar Pompeo muncul setelah Trump mengatakan kepada wartawan pada hari Jumat bahwa dia akan melarang aplikasi berbagi video populer China, TikTok, di AS dalam waktu 24 jam, yang kemungkinan melalui perintah eksekutif. Dia belum menindaklanjuti ancaman itu. Baca Juga : China Sebut Amerika Tak Punya Uang untuk Membeli TikTok

Perusahaan induk TikTok, ByteDance, dilaporkan sedang terlibat pembicaraan untuk melepaskan operasinya di Amerika dalam sebuah kesepakatan dengan Microsoft. Kesepakatan itu merupakan upaya untuk mencegah larangan dan mencapai kesepakatan dengan Gedung Putih.

Tetapi sumber-sumber terkait mengatakan kepada Wall Street Journal pada hari Minggu bahwa perundingan itu ditunda karena Trump menentang gagasan tersebut. Menteri Keuangan Steve Mnuchin juga membebani nasib aplikasi milik China, dengan mengatakan bahwa AS tidak menjaga TikTok saat ini.

TikTok, bersama dengan sesama aplikasi China lainnya; WeChat, telah membantah tuduhan mengumpulkan informasi untuk diberikan kepada pemerintah Beijing. Kedua pihak bersikeras bahwa mereka menjaga keamanan data penggunanya.

Pada hari Sabtu, General Manager TikTok AS Vanessa Pappas merilis pesan video yang memastikan data puluhan juta orang AS pengguna aplikasi itu tidak dibawa pergi ke mana pun dan berada di AS untuk jangka panjang.

Ketegangan antara Washington dan Beijing telah meningkat selama berbulan-bulan. Sebelum menargetkan TikTok, AS meluncurkan serangan internasional terhadap raksasa telekomunikasi China; Huawei, yang juga dituduh menimbulkan ancaman keamanan dan berusaha untuk "mempersenjatai" negara-negara lain agar melarang teknologinya.

Beijing mengklaim tuduhan AS itu tidak berdasar dan hanya dimaksudkan untuk menghilangkan pesaing China dari pasar AS. Baca Lagi : China Dituding Punya Misi Terselubung Lewat TikTok dan Zoom
(sri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1086 seconds (0.1#10.140)