alexa snippet
more
TOPIK TERPOPULER

PT Vale Sebarkan Semerbak Wangi SRI Organik Pikat Petani

Suwarny Dammar
PT Vale Sebarkan Semerbak Wangi SRI Organik Pikat Petani
PT Vale Indonesia Tbk beri pembekalan sistem budidaya pertanian ramah lingkungan ke petani di Kabupaten Luwu Timur. Foto : Suwarny Dammar/SINDOnews

MALILI - Tangan perempuan paruh baya itu terlihat gesit, mencampur satu persatu bahan-bahan dari nasi basi, buah nanas, bonggol pisang, jerami, gedebog pisang, sisa-sisa sayuran hingga rebung. Agustina,  45, hari itu tak hendak membuat bahan makanan untuk dikonsumsinya.

Sebaliknya, lewat pengetahuan yang diperoleh dari seorang penyuluh pertanian organik seluruh bahan-bahan itu akan dimanfaatkan untuk membuat Mikro Organisme Lokal (MOL). MOL ini nantinya akan dijadikan sebagai pupuk hayati, fungisida organik dan dekomposer untuk pembuatan pupuk kompos.

Bukan tanpa alasan, Perempuan Asal Sangalla Toraja ini, terpikat memilih pola pertanian ramah lingkungan dengan memanfaatkan limbah rumah tangga atau tumbuhan. Sebab sebelumnya sejak menisbahkan diri sebagai petani tentu Agustina sudah sangat lekat dengan pestisida.

Beruntung pada tahun 2014, Agustina dipertemukan dengan program pertanian sehat ramah lingkungan berkelanjutan  dari PT Vale Indonesia Tbk. Dimana, didalamnya memuat pola dukungan melalui kemitraan strategis perusahaan penghasil nikel ini, yang itemnya dielaborasi dalam sebuah  pola budidaya System of Rice Intensification (SRI) Organik.

Program SRI Organik yang sudah berjalan 4  tahun ini merupakan bagian dari Program Terpadu Pengembangan Masyarakat (PTPM).

SRI Organik kini telah menyebar di 9 area pengembangan di 7 kecamatan se Luwu Timur (Lutim).  Bahkan,  Hasil dari  padi dari Mahalona Kecamatan Towuti sudah mendapatkan sertifikasi organik dari Lembaga Sertifikasi Nasional INOFICE.

Menurut Agustina, awal mula diperkenalkan SRI Organik dirinya langsung kepincut, karena semangatnya untuk menghindari pemberian racun pada hasil pertaniannya rupanya terjawab.

halaman ke-1 dari 3
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads