Tiga angka pertama sangat penting

Kamis, 07 Juni 2012 - 00:58 WIB
Tiga angka pertama sangat penting
Tiga angka pertama sangat penting
A A A
Pelatih Vicente del Bosque mempunyai beban berat untuk membawa Spanyol mempertahankan mahkota juara di Piala Eropa 2012. Bagaimana persiapan dan komentar Del Bosque? Berikut wawancara dengan Del Bosque yang dikutip dari Eurosport.

Bagaimana Spanyol mengatasi tekanan status favorit di Piala Eropa 2012?
Kami punya tanggung jawab besar setelah memenangi Piala Eropa 2008 dan Piala Dunia 2010. Musim ini sangat berat, tapi kami akan bertanya pada pemain mengenai motivasi dan spirit mereka. Pemain butuh ini untuk mendongkrak semangat mereka di turnamen seperti Piala Eropa ini.

Adakah program spesifik untuk memotivasi tim atau para pemain saling memotivasi diri sendiri?
Kami punya kumpulan pemain yang cerdas. Mereka sangat paham mengenai sepak bola. Mereka juga tahu karir pemain sepak bola sangat pendek. So, kami harus memperlakukan setiap kompetisi dengan total, termasuk Piala Eropa 2012.

Tidak ada tim yang memenangi Piala Eropa dan Piala Dunia secara beruntun. Apakah ini menambah motivasi?

Ya, ini jelas menambah inspirasi. Jika tidak ada pemain yang mencapainya, itu dikarenakan sangat sulit. Saya pikir kami punya pemain-pemain bagus. Siapa yang mencapainya dan kami memikirkannya, tapi tentu kami sadar itu akan sangat susah.

Anda setuju tim Spanyol saat ini sangat tajam, tidak hanya timnas senior, tapi juga tim Olimpiade dan tim muda? Mengapa bisa begitu?
Anda benar. Kami belum puas, tapi hasil akhir akan menjadi gambaran kami bisa melanjutkan dominasi. Sementara itu sangat normal klub Spanyol menjadi klub terbaik di Eropa – Real Madrid, Barcelona, Deportivo, Sevilla, Villarreal, dan Atletico Madrid, berpeluang memenangi piala bergengsi.

Tapi, tim nasional tidak bisa menjadi referensi. Sekarang, meskipun tim nasional dijadikan contoh – tidak untuk setiap orang, tapi bagi kebanyakan—kami dapat menganggap kami melakukan sesuatu yang baik.

Federasi sepak bola Spanyol (RFEF) melakukan hal yang hebat. Mereka memutuskan tidak hanya perhatian dengan persiapan pemain, tapi memberikan para pelatih sistem pelatihan terbaik. Kami membutuhkan untuk sekolah (sepak bola) kami. Itu sangat baik bagi kami.

Apa pendapat Anda mengenai Spanyol di grup C saat Euro 2012?
Kami bisa mengklaim tim X atau Y berada di level bawah, tapi di lapangan setiap pertandingan sangat sulit. Kami mengawali melawan Italia , tim yang secara tradisional sangat sulit bagi kami dan semua paham mereka sempurna.

Mereka juga melakukan regenerasi pemain dan punya karakter spesifik yang selalu berubah dalam beberapa tahun terakhir. Kami mendapat peringatan saat kalah dalam laga persahabatan dengan skor 2-1. Itu menjadi pelajaran bagi kami bagaimana melawan mereka.

Anda khawatir menghadapi Italia di laga pertama turnamen?
Tidak, tapi tiga angka pertama sangat penting. Jika Anda mengawali dengan kemenangan, Anda bisa lolos dari kualifikasi.

Italia sukses mengubah gaya tradisionalnya dari bertahan menjadi lebih menyerang seperti Spanyol. Bagaimana mereka melakukannya?
Ya, tipe tim seperti ini selalu mengandalkan gelandang dan mereka punya Andrea Pirlo. Ketika Anda punya Pirlo di skuad, Anda akan memainkannya sesuai karakternya. Ia sosok utama di tengah, ia punya peran memainkan tempo dan ritme bermain. Mereka juga punya Antonio Nocerino yang kreatif.

Pertandingan kedua adalah melawan Republik Irlandia. Apa yang Anda pikirkan mengenai mereka?
Irlandia masih bisa dikalahkan dengan usaha keras. Mereka selalu tampil total di setiap pertandingan dengan semangat patriotisme. Mereka bermain seperti tim besar dan saling mendukung. Sepak bola mereka tidak terlalu enak dilihat, tapi mereka bermain dengan hati. Mereka akan sangat sulit dikalahkan.

Dan, akhirnya, apa pandangan Anda mengenai Kroasia?
Para pemain mereka bermain di klub top Eropa. Mereka selalu berani, tidak takut apa pun dan dalam beberapa tahun terakhir, mereka bermain di Piala Eropa dan Piala Dunia dengan baik.

Siapa yang Anda suka saat bertemu di perempat final?
Sejujurnya kami tidak memikirkan hal ini. Tugas kami berpikir mengenai Italia. Berpikir mengenai tahapan kedua bukan poin utama.

Jerman akan menjadi rival utama bagi Spanyol, tidak hanya di Piala Eropa 2012, tapi di masa depan.
Ya, tapi masih ada tim lainnya. Belanda menempati peringkat kedua di Piala Dunia. Mereka juga tampil super di kualifikasi. Permainan mereka di level atas dengan mendalkan kerja sama seperti yang mereka lakukan di Piala Dunia. Ada juga tim kuat lainnya seperti Prancis yang membawa tim terkuatnya.

Kami bertemu Prancis di kualifikasi Piala Dunia 2014. Juga Inggris, meskipun diganggu dengan kontroversial dan trauma, mereka salah satu tim top. Portugal memiliki beberapa pemain ekselen, mereka selalu menyulitkan.
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8210 seconds (0.1#10.140)