Perubahan Iklim Cairkan Gletser Bhutan, 'Tsunami di Langit' Bisa Kapan Saja

Senin, 03 Agustus 2020 - 11:53 WIB
loading...
Perubahan Iklim Cairkan Gletser Bhutan, Tsunami di Langit Bisa Kapan Saja
Pemanasan global memicu pencairan gletser di Bhutan. Foto/Jack Board/Channel News Asia
A A A
THIMPHU - Jauh di pegunungan di utara Bhutan, gletser kuno menandai lanskap yang menakjubkan dan halus. Lansekap ini istimewa, dikelilingi mitos dan misteri.

Ini adalah tanah yang masih asli, sebagian besar tidak tersentuh oleh manusia. Konservasi berbasis budaya telah bertahan di sini.

Puncak tertinggi di kawasan ini tidak pernah ditingkatkan oleh manusia, juga danau-danau indahnya tidak terganggu. Ini karena rasa hormat—penduduk setempat percaya bahwa gunung, danau, dan gletser adalah dewa, yang harus dihormati dan ditakuti.

Namun dampak dari emisi global buatan manusia secara perlahan menghancurkannya. Naiknya suhu sebagai akibat dari perubahan iklim mempercepat laju pencairan gletser di dataran tinggi Bhutan. Dalam keheningan gunung, sekarang, bahaya tampak—pembunuh yang bisa melepaskan bahaya setiap saat.

Untuk beberapa gletser, tingkat retreat tahunan mencapai 35 meter, memberi makan sejumlah besar air ke danau di sekitarnya. Risiko runtuhnya danau-danau ini—dalam sebuah fenomena yang dikenal sebagai banjir letupan danau glasial atau GLOF—membuat seluruh negara gelisah.

“Dengan pemanasan global, gletser mencair dan sumber daya air kita bergerak lebih cepat ke hilir. Kami menyebutnya tsunami di langit, yang dapat datang kapan saja," kata Karma Drupchu, direktur nasional Pusat Nasional Hidrologi dan Meteorologi (NCHM).

“Segala bentuk pelanggaran akan menghasilkan banjir besar yang datang ke sungai. Ini akan memiliki konsekuensi besar karena lebih dari 70 persen permukiman Bhutan berada di sepanjang lembah sungai ...tidak hanya hilangnya nyawa, tetapi juga kerugian ekonomi yang sangat besar," katanya lagi. (Baca: Pemanasan Global, Lapisan Es di Greenland dan Antartika Terus Menipis )

Analisis oleh NCHM telah mengidentifikasi 2674 danau glasial, di mana 17 di antaranya dikategorikan berpotensi berbahaya. Pencairan lebih lanjut yang lebih cepat dari 700 gletser individu di negara itu berarti lebih banyak danau sedang terbentuk dan bahaya bagi populasi dan infrastruktur negara tersebut meningkat.

Bhutan adalah satu-satunya negara negatif karbon di dunia dan mengambil perannya dalam mencegah perubahan iklim global dengan serius. Konstitusi negara tersebut mengamanatkan perlindungan lingkungan dan industri yang menguntungkan secara ekonomi tetapi merusak lingkungan telah ditolak demi konservasi.

Tetapi beban perubahan iklim telah tiba terlepas dari perlawanan negara kecil ini. Bagi Perdana Menteri Lotay Tshering, dampak pada gletser adalah beban fisik dan spiritual yang harus ditanggung Bhutan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2022 seconds (0.1#10.140)