Polisi Olah TKP Ulang Usut Penyebab Kebakaran di Dinkes Sulsel

Senin, 03 Agustus 2020 - 16:05 WIB
loading...
Polisi Olah TKP Ulang Usut Penyebab Kebakaran di Dinkes Sulsel
Kepolisian masih menyelidiki penyebab kebakaran di Kantor Dinas Kesehatan Sulsel. Foto/SINDOnews/Faisal Mustafa
A A A
MAKASSAR - Kepolisian Resor Kota Besar (Polrestabes) Makassar mengambil-alih pengusutan kasus kebakaran di Kantor Dinas Kesehatan Sulsel, Jalan Perintis Kemerdekaan, Kecamatan Tamalanrea, Kota Makassar pada Kamis (30/7/2020) lalu. Sebelumnya penanganan perkara ini diusut oleh Kepolisian Sektor (Polsek) Tamalanrea.

Pasca-ditariknya kasus itu ke Polrestabes Makassar, penyidik pun langsung bekerja mendalami penyebab kebakaran. Kasat Reskrim Polrestabes Makassar, Kompol Agus Khaerul, menyebut Laboratorium Forensik (Labfor) Polri Cabang Makassar hari ini, Senin (3/8/2020) pun melakukan olah TKP ulang.



Agus mengaku belum ada perkembangan signifikan yang bisa diuraikan dalam pengusutan kasus tersebut. Dia juga belum mau merinci orang-orang yang sudah diperiksa dalam proses penyelidikan, "Belum (ada perkembangan) hari ini, dilanjutkan lagi (olah TKP) dari labfor. Nanti saya informasikan lagi," singkat Agus.

Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Pol Ibrahim Tompo, juga irit bicara. Ia sebatas menginformasikan penanganan perkara itu ditarik dari Polsek Tamalanrea ke Polrestabes Makassar. Toh, kasus tersebut menjadi atensi publik. "Saat ini ditangani Polrestabes, sementara masih proses lidik," ucap dia.

Diketahui kebakaran di Kantor Dinkes Sulsel mengakibatkan sejumlah ruangan, khususnya di lantai dua, ludes dilalap api. Termasuk ruangan kepala dinas kesehatan Ichsan Mustari, ruang pertemuan, ruang perencanaan keuangan dan farmasi pun habis terbakar. Sejumlah data penting dilaporkan ikut terbakar.

Sedikitnya 30 armada pemadam kebakaran dikerahkan untuk menjinakkan Si Jago Merah. Kebakaran itu sendiri mulai terjadi pada pukul 05.34 Wita dan baru berhasil dipadamkan sekira pukul 08.00 Wita. Nahasnya, kebakaran kembali terjadi keesokan harinya, dimana api diduga muncul dari sisa-sisa material yang masih menyimpan hawa panas.



Kepala Bidang Pengendalian Operasi Damkar Kota Makassar, Hasanuddin, menyebut sisa kebakaran yang kembali memunculkan api adalah rak besi penyimpanan berkas-berkas. Api berhasil dipadamkan pada pukul 14.40 Wita setelah dua mobil pemadam diterjunkan.

"Penyebabnya bahan-bahan yang bekas terbakar semestinya langsung diurai, seperti rak besi dan bahan-bahan yang menyimpan panas dipisahkan dengan bahan lainnya yang mudah terbakar," ungkap Hasanuddin.
(tri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2134 seconds (0.1#10.140)