alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Dari Hulu Hingga Hilir PT Vale Setia Dampingi SRI Organik

Suwarny Dammar
Dari Hulu Hingga Hilir PT Vale Setia Dampingi SRI Organik
Para petani mengolah kotoran hewan ternak menjadi pupuk organik. Foto : Muchtamir Zaide/SINDOnews

MALILI - Merintis kehadiran program pertanian ramah lingkungan di areal Pemberdayaan PT Vale Indonesia Tbk, bukan perkara mudah.

Betapa tidak, mindset masyarakat saat itu sudah tertanam menerapkan pola pertanian non organik dengan mengandalkan segala hal kebutuhan perawatan persawahan sistem praktis. Mau racun hama, semua dapat dibeli dengan mudah semua hanya mengandalkan uang.

Namun, kondisi tersebut tak membuat perusahaan penghasil nikel ini patah arang. Berkat program Pemberdayaan Masyarakat Berkelanjutan yang dihadirkan dan di dalamnya memuat peran kemitraan strategis dan kontribusi dikenalkanlah strategis pola budidaya System of Rice Intensification (SRI) Organik.

Melalui SRI Organik inilah, pada 2014 sejumlah petani dibeberapa areal percontohan mulai tertarik. Kenapa, karena tak hanya petani yang dapat merasakan manfaatnya, tapi juga retail hingga mereka yang mengkonsumsi produksi beras organik ini.

Bisa dibilang, jika SRI Organik menjad pemicu meningkatnya kesejahteraan petani hingga penjual berasnya. Apalagi, kehadiran program budidaya pertanian SRI Organik ini tak hanya digelontorkan begitu saja.

Tetapi, dengan komitmen kepedulian PT Vale mendorong hadirnya pertanian yang ramah lingkungan segalanya diurus. PT Vale mengurusi SRI Organik dari hulu hingga hilirnya, tak hanya mengajari pola penerapan budidayanya tapi juga membantu mengakses market hingga bisa berada di tangan konsumen.

Menurut Senior Cordinator Program Terpadu Pengembangan Masyarakat (PTPM) PT Vale Indonesia, Tbk, Laode Muhammad  Ichman, perseroan melakukan penguatan mulai dari teknis budidaya ramah lingkungan, kelembagaan kelompok tani, pengelolaan pasca panen, diversifikasi komoditas untuk nilai tambah dan akses pasar.

“Pendampingan pengolahan pasca panen dilakukan guna memastikan produk beras organik di terima oleh pasar. Tak hanya itu dalam urusan design hingga kemasan juga menjadi perhatian,” ujarnya, kemarin.

halaman ke-1 dari 3
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads