alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Gugatan Diterima, KPU Akomodasi Perbaikan Berkas Bacaleg Berkarya

Luqman Zainuddin
Gugatan Diterima, KPU Akomodasi Perbaikan Berkas Bacaleg Berkarya
Ketua DPW Berkarya Sulsel Patabai Pabokori (tengah). Foto: Luqman Zainuddin/SINDOnews

MAKASSAR - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sulsel telah menggelar sidang mediasi atas sengketa yang diajukan DPW Partai Berkarya Sulsel terkait penolakan berkas perbaikan puluhan bakal calon anggota legislatif (bacaleg) oleh KPU Sulsel belum lama ini.

Hasilnya, KPU Sulsel memutuskan untuk kembali mengakomodasi 64 bacaleg Partai Berkarya yang hendak maju di Pileg 2019 untuk DPRD Sulsel.

Komisioner KPU Sulsel, Fatmawati Rahim menjelaskan, jika alasan-alasan yang disampaikan oleh partai Berkarya Sulsel dalam mediasi, dianggap masuk akal karena terjadi di luar kehendak mereka.



Sehingga, pihaknya mengambil keputusan untuk menerima permohonan mereka.  (baca sebelumnya :Partai Berkarya Sulsel Resmi Ajukan Sengketa ke Bawaslu).

"Kami kan (sebelumnya) sudah menolak, dan tidak bisa menerima (perbaikan berkas Bacaleg), dan harus melalui forum mediasi ini untuk diterima. Tentu kan, yang ditinjau tidak keluar dari ketentuan, itu yang harus jelas," ujar Fatmawati, Senin (6/8/2018).

Menurut Fatmawati, KPU sebelum ini menolak perbaikan berkas Bacaleg Berkarya karena dianggap tidak memenuhi sejumlah syarat. Seperti tanda tangan ketua umum dan sekretarisnya. Memang kata dia, ada yang bertanda tangan, namun hanya pelaksana tugas (Plt) yang juga tidak bisa menunjukkan surat penunjukan.

(Baca sebelumnya : KPU Sulsel Tolak Perbaikan Puluhan Berkas Bacaleg Partai Berkarya)

Sementara dalam sidang mediasi kemarin, KPU Sulsel, kata Fatmawati sudah menerima penjelasan dari Berkarya. Seperti alasan tak adanya tanda tangan ketua umum lantaran sedang berada di Jakarta karena melayat. Sementara sekretaris saat itu sedang sakit.

"Ada kendala di luar jangkauan manusia. Mereka sudah upayakan dan tidak memadai karena jarak. Jadi kami kasih waktu kepada mereka untuk memasukkan berkas perbaikan Bacalegnya," pungkas dia.

Sementara itu, Komisioner Bawaslu Sulsel, Amrayadi menyebutkan, jika KPU dan Partai Berkarya saling bersepakat. Mediasi itu, kata dia memang dimaksudkan untuk mempertemukan apa-apa keinginan para pihak.

"Mereka bersepakat, tetap menerima berkas yang diajukan. Pertimbangannya karena ada force major yang dialami (Berkarya). Bukan unsur kesengajaan," papar Amrayadi.



(bds)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook